Liga Indonesia

Exco PSSI Angkat Bicara Pasca Klubnya Cetak Sejarah Juara Liga 3 Banten

Rabu, 1 November 2023 18:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Farmel FC mengangkat piala usai menjuara liga 3 Banten. Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Farmel FC mengangkat piala usai menjuara liga 3 Banten.

INDOSPORT.COM - Adhyaksa Farmel FC menjuarai Liga 3 2023 regional Banten setelah membungkam Persikota Tangerang dalam laga final di Stadion Kodiklat TNI, Tangerang Selatan, Selasa (31/10/23). Mereka menang tipis 2-1.

Farmel FC sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat gol Syehabudin Ahmad dan Afriyansyah. Sedangkan satu-satunya gol Persikota dilesakan Zidan di akhir babak kedua.

Bos Farmel FC, Eko Setyawan, bersyukur kompetisi berjalan lancar dan tim yang tampil di final menyajikan permainan sengit.

Dia menilai, Farmel lebih beruntung karena mencetak gol di babak pertama, tepatnya menit ke-17 dan 24. Itu yang mengubah permainan.

“Ini puncak Liga 3 Banten, finalnya adalah tim yang siap, karena bisa kita lihat kedua tim punya pemain dari Liga 2 bahkan Liga 1. Persikota juga sama, hanya saja akumulasi kartu kuning,” kata Eko.

“Permainan sudah bersih, bisa dilihat dari awal, teknik bagus dari awal karena ini anak-anak 20 tahun, mereka luar biasa. Persikota ketinggalan dari awal,” imbuhnya.

Inilah kali pertama Farmel FC mengangkat trofi juara Liga 3 Banten. Sebelumnya, pencapaian terbaik klub adalah peringkat ketiga musim lalu. 

Hadirnya pemain berpengalaman juga membuat mereka di atas angin. Ada Egi Melgiansyah, Dedi Hartono, Ahmad Maulana dll. yang turut memudahkan langkah Farmel FC mengangkat piala.

Setelah juara Liga 3 Banten, Eko Setyawan menyatakan target utama klubnya adalah promosi ke Liga 2. Itulah cita-cita awal, sejak mendirikan klub tersebut.

“Farmel FC sering masuk semifinal (Liga 3 Banten) sebelumnya,” ucap pria yang juga menduduki kursi anggota Exco PSSI tersebut.

"Bisa dilihat pemain kami ada Egy Melgiansyah, Dedi Hartono, Ahmad Maulana jadi kami sudah siap buat naik kasta. Hanya sama belum rezeki, mudah-mudahan tahun ini bisa naik," cetusnya.

Dengan raihan trofi tahun ini, Farmel FC berhak maju ke Liga 3 putaran nasional yang rencananya digelar awal tahun depan. Mereka didampingi tiga klub lain yakni Persikota, Serpong City dan Persic Cilegon.

Sejatinya, Farmel FC sudah mengunci tiket babak nasional bersama Persikota dan Serpong City setelah tiga klub ini tempati posisi tiga besar musim lalu.

“Banten kirim empat tim, Serpong City, Farmel FC, Persikota dan Persic Cilegon. Artinya ini keseriusan Asprov Banten gelar Liga 3,” ucap Eko Setyawan.

Farmel FC akan meliburkan tim beberapa hari setelah juara Liga 3 Banten. Setelahnya, para pemain kembali dikumpulkan untuk persiapan babak nasional. 

Daftar penghargaan Liga 3 Banten

Top Skor: Aldino Herdianto, 7 gol dari Serpong City 

Pemain terbaik: Aji Restu dari Persikota

Peringkat 3: Persic Cilegon

Peringkat 2: Persikota

Peringkat 1: Farmel FC