Liga Indonesia

Eks Arema FC Joko Susilo Turun Gunung Tangani Klub Liga 2 Milik Exco PSSI Sada Sumut

Jumat, 3 November 2023 13:49 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Manajer Sada Sumut FC, Yosephine Br Sembiring. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Manajer Sada Sumut FC, Yosephine Br Sembiring. Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 Indonesia 2023/24, Sada Sumut FC, akhirnya telah menetapkan mantan pelatih Arema FC, Joko Susilo, sebagai suksesor Suharto AD di sisa kompetisi.

Diketahui, pekan lalu Sada Sumut telah mengakhiri kerja sama dengan pelatih kepala mereka, Suharto AD. Perpisahan itu tak lepas karena evaluasi hasil dari putaran pertama Grup 1 Liga 2 musim ini.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh Manajer Sada Sumut, Yosephine Br Sembiring. Ia menyebut Joko Susilo sudah bergabung dengan klub yang dulu bernama Karo United ini.

Bahkan ia menyebut, pihak manajemen sempat memiliki sejumlah opsi nama untuk nakhoda baru tim. Namun akhirnya ditetapkan pelatih yang akrab disapa Gethuk itu setelah berdiskusi panjang.

"Setelah diskusi, mulai dari pematangan sampai pengambilan keputusan, yang paling cocok pengganti Coach Suharto untuk melanjutkan tugas sampai akhir Liga 2 musim ini adalah beliau." 

"Tak hanya prestasi, segi performa dan skema Coach Joko yang paling tepat," beber Yosephine saat dikonfirmasi awak media, Kamis (2/11/23).

Diharapkan, lanjut Yosephine, kehadiran sang pelatih anyar dan sejumlah pemain baru dapat mengangkat performa tim yang sangat buruk di putaran pertama lalu.

Sada Sumut FC saat ini tertahan di peringkat ke-6 klasemen sementara Grup 1 dengan perolehan 4 poin, hasil sekali menang, sekali seri, dan empat kali kalah.

Selain itu, klub milik Exco PSSI, Arya Sinulingga, ini juga kedatangan striker asing anyar asal Serbia, Alexandar Rakic, yang belum lama ini dilepas PSIM Yogyakarta.

Diketahui, Rakic bahkan sudah bergabung dengan Sada Sumut FC sejak beberapa hari lalu sebelum akhirnya diumumkan sebagai rekrutan anyar. 

Belakangan Liga 2 2023/24 memang tengah memasuki jendela transfer atau pendaftaran pemain periode kedua hingga 28 November mendatang.

"Terkait penunjukan pelatih baru dan mendatangkan beberapa pemain baru tidak lain merupakan bagian dari keputusan klub untuk berusaha mengubah situasi (klasemen Grup 1)," ucap Yosephine.

"Di putaran pertama, kami mengevaluasi bisa jadi memang belum maksimal. Walaupun kami berharap dengan perubahan ini mudah-mudahan Sada Sumut FC menjadi lebih bagus," harapnya.

Perjalanan Joko Susilo dimulai saat Sada Sumut menjamu Sriwijaya FC dalam laga perdana putaran kedua alias laga ke-7 Grup 1 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Minggu (5/11/23).

"Kami berharap menang terus lah di putaran kedua nanti, sehingga bisa mengejar ketertinggalan (demi target awal lolos ke babak 12 besar)," tutup Yosephine Br Sembiring.