In-depth

Prediksi Kiprah 5 Wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, Bisa Tiru Arab Saudi Juara?

Selasa, 7 November 2023 20:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Prediksi kiprah 5 wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, akankah salah satunya bisa mengikuti jejak Arab Saudi menjadi juara? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Prediksi kiprah 5 wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, akankah salah satunya bisa mengikuti jejak Arab Saudi menjadi juara?

INDOSPORT.COM – Prediksi kiprah 5 wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023, akankah salah satunya bisa mengikuti jejak Arab Saudi menjadi juara?

Piala Dunia U-17 2023 memiliki lima wakil dari Asia, yakni Timnas Indonesia U-17 selaku tuan rumah, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan, dan Iran.

Dalam sejarahnya, wakil Asia jarang bisa berbicara banyak di Piala Dunia U-17. Tercatat hanya empat negara saja yang bisa menembus semifinal yakni Arab Saudi, Bahrain, Qatar, dan Oman.

Dari empat negara itu, hanya Arab Saudi saja yang pernah mencicipi final dan mampu keluar sebagai juara ajang ini pada edisi 1989 silam.

Sejak saat itu, belum ada lagi wakil Asia yang bisa menembus empat besar maupun final ataupun menjadi juara pada gelaran ini.

Akankah ‘kutukan’ ini bisa dipatahkan oleh 5 wakil Asia di Piala Dunia U-17 2023. Untuk itu, INDOSPORT akan memprediksi kiprah ke-5 wakil benua kuning itu di ajang ini.

1. Indonesia

Timnas Indonesia U-17 menjadi satu-satunya wakil Asia berstatus debutan di Piala Dunia U-17 2023. Meski belum berpengalaman, skuad Garuda punya keuntungan sebagai tuan rumah.

Karena keuntungan ini, Indonesia diprediksi bisa melangkah jauh. Tapi, peluang untuk lolos fase grup tak begitu besar meski nantinya ada 4 tiket untuk peringkat tiga terbaik dari 6 grup yang ada.

Andai kata Indonesia lolos dar fase grup, langkahnya kemungkinan besar akan terhenti di babak 16 besar karena di fase gugur tim yang lolos dari grup A akan bersua tim-tim besar dari grup lainnya.

2. Uzbekistan

Uzbekistan menjadi wakil Asia kedua yang minim pengalaman karena baru tampil 3 kali di Piala Dunia U-17. Meski begitu, tim ini memiliki tinta emas karena pernah lolos ke perempatfinal.

Uzbekistan pernah lolos ke perempatfinal Piala Dunia U-17 pada 2011 lalu. Diyakini, di edisi 2023 ini ada kemungkinan tim arahan Jamoliddin Rakhmatullaev tak bisa melangkah jauh.

Pasalnya, Uzbekistan berada di grup sulit bersama Spanyol, Kanada, dan Mali. Jika pun lolos, mereka tak akan bisa jadi juara grup, sehingga berpotensi bertemu lawan kuat di babak 16 besar.