Liga 1

Ditahan Imbang PSS Sleman, Persis Solo Resmi Melepas Fernando Rodriguez

Rabu, 8 November 2023 22:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Persis Solo
Persis Solo resmi melepas Fernando Rodriguez setelah mencetak gol ketujuh di Liga 1 2023-2024. (Foto: Persis Solo) Copyright: © Persis Solo
Persis Solo resmi melepas Fernando Rodriguez setelah mencetak gol ketujuh di Liga 1 2023-2024. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Persis Solo secara mengejutkan resmi melepas Fernando Rodriguez setelah bermain imbang 1-1 kontra PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (8/11/23). Laskar Sambernyawa belum menemukan pengganti menatap sisa 16 pertandingan Liga 1 2023-2024.

Desas-desus penggantian Fernando selama ini tak terlihat sama sekali. Persis Solo seperti tim yang puas dengan koleksi enam gol Fernando Rodriguez sepanjang putaran pertama.

Fernando Rodriguez juga kembali mencetak gol pada laga pekan ke-19 Liga 1 2023-2024. Fernando mencetak gol menggunakan badannya memanfaatkan umpan Alexis Messidoro. 

Namun, kejutan terjadi ketika Fernando digantikan Alfath Fathier pada pertengahan babak kedua. Tiba-tiba semua pemain menghampiri Fernando dan memberikan pelukan kepadanya.

Fernando juga memberikan pelukan kepada pelatih Leonardo Medina Arellano dan para staf pelatih. Ternyata, pertandingan ini menjadi pertandingan perpisahan Fernando bersama Persis Solo.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, dalam sesi jumpa pers usai pertandingan membenarkan desas-desus pergantian Fernando. Ternyata, hal ini sudah menjadi keputusan bersama dengan manajemen.

"Ya itu benar, ini pertandingan terakhir Fernando Rodriguez (di Persis Solo)," kata Leo Medina.

Leo Medina menilai Fernando merupakan pemain yang bagus. Mantan bomber Johor Darul Takzim ini menutup perjalanan dengan Persis Solo lewat gol ke gawang PSS Sleman.

"Fernando bermain dengan bagus. Dia mencetak gol hari ini, itu bagus untuk dia, tapi yang tidak bagus kita hanya dapat satu poin," tutur Leo Medina.

Terkait pengganti Fernando Rodriguez, Leo Medina masih menunggu komunikasi dari manajemen Persis Solo. Leo Medina mengaku sudah mengirimkan rencananya ke manajemen satu bulan yang lalu.

Sampai saat ini, Leo Medina belum tahu pemain anyar yang akan menggantikan Fernando Rodriguez. Masih ada waktu bagi Persis Solo memburu penyerang baru selama Liga 1 jeda FIFA Match Day.

"Sekarang saya sedang menunggu, manajemen harus berbicara dengan saya, saya mengirim plan saya satu bulan yang lalu," ungkap Leo Medina.

Sementara itu, Leo Medina mengungkapkan kekecewaan karena Persis Solo gagal mengalahkan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo.

Tiga poin lenyap setelah Irkham Milla membobol gawang Persis Solo pada masa tambahan waktu babak kedua. Leo Medina menilai Persis Solo bermain tak sesuai harapan pada babak kedua.

"Saya merasa frustasi di pertandingan ini. Saya frustasi karena saya ingin suporter kita senang dengan kita meraih kemenangan menang. Jadi saya minta maaf kepada para suporter," jelas Leo Medina.

"Saya pikir kita hanya main setengah pertama. Pada babak pertama kita bermain dengan bagus, tapi saya harus evaluasi untuk babak kedua katena kita tidak bermain bagus," lanjut Medina.

Tambahan satu poin membuat Persis Solo gagal masuk zona delapan besar Liga 1 2023-2024. Persis Solo tertahan di urutan ke-10 dengan 24 poin.