In-depth

Bedah Formasi Persija Jakarta Jika Gustavo Almeida Gabung Skuat Thomas Doll

Kamis, 9 November 2023 18:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Selebrasi pemain Arema FC, Gustavo Almeida saat melawan Dewa United di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Kamis (02/11/23), seakan 'kode' ke Persija Jakarta.(Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Selebrasi pemain Arema FC, Gustavo Almeida saat melawan Dewa United di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Kamis (02/11/23), seakan 'kode' ke Persija Jakarta.(Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Bedah Formasi Persija Jakarta di putaran kedua Liga 1 2023/2024 jika penyerang asing Gustavo Almeida resmi bergabung di skuat besutan Thomas Doll.

Beberapa waktu terakhir, Gustavo Almeida ramai digunjingkan segera meninggalkan Arema FC dan bergabung dengan sesama klub Liga 1. Ia mendekat ke Persija Jakarta.

Manajemen Arema FC sudah angkat bicara soal keputusannya melepas Gustavo Almeida, meski saat ini ia berstatus sebagai top skorer Liga 1 dan menjadi pemain paling penting.

Meski begitu, Arema mengklaim jika Gustavo Almeida akan merapat ke Persija Jakarta dengan status sebagai pemain pinjaman, ia tidak dilepas permanen.

"Memang berat, tapi ini harus dilakukan setelah lakukan diskusi dengan manajemen, manajer, dan tim pelatih," ungkap General Manager Arema FC, M. Yusrinal Fitriandi.

"Dinamika sepak bola bisa menghampiri siapa saja, termasuk kepada Arema FC, dengan kondisi yang ada saat ini," imbuhnya.

Meski Persija Jakarta sampai saat ini masih belum mengumumkan perekrutan Gustavo Almeida, namun rumor ini nyaris menjadi nyata.

Persija Jakarta memerlukan striker yang mumpuni setelah beberapa waktu terakhir tim kesulitan mencetak gol. Macan Kemayoran juga masih memiliki satu slot pemain asing.

Hadirnya Almeida tidak memaksa Persija untuk mencoret Marko Simic. Kedua striker haus gol ini bisa berkolaborasi untuk menambah pundi-pundi gol Sang Macan.

Berikut INDOSPORT menghadirkan bedah formasi Persija Jakarta jika Gustavo Almeida resmi bergabung dengan skuat besutan Thomas Doll.

Formasi 3-5-2

Thomas Doll kerap mengutak-atik formasi, mencoba menggunakan tiga penyerang, dua penyerang, atau memasang striker tunggal di beberapa laga.

Namun, kehadiran Gustavo akan sangat efektif jika ia memakai formasi 3-5-2, sang bomber bisa berkolaborasi dengan striker lainnya. Banyaknya suplai bola dari tengah akan sangat membantu pemain Brasil tersebut.

Penjaga Gawang: Andritany Ardhiyasa

Tak dapat dipungkiri, kiper senior Andritany Ardhiyasa masih memiliki tempat di bawah mistar gawang Persija. Musim ini ia sudah 16 kali mengawal benteng Macan Kemayoran.

Andritany hanya dua kali absen musim ini, ia digantikan oleh kiper muda Cahya Supriadi. Untuk seterusnya, Thomas Doll mungkin masih akan mengandalkan Andritany.

Bek: Rizky Ridho, Ondrej Kudela, Muhammad Ferrari

Untuk lini pertahanan, Thomas Doll tak perlu pusing karena kolaborasi antara pemain asing dan pemain muda miliknya masih bisa diandalkan untuk putaran kedua nanti.

Rizky Ridho dan Muhammad Ferrari akan menegaskan posisinya di lini pertahanan, didukung pemain berpengalaman seperti Ondrej Kudela, maka mental pemain akan naik.

Gelandang: Oliver Bias, Maciej Gajos, Ryo Matsumura, Resky Fandi, Firza Andika

Thomas Doll mungkin akan menumpuk para pemain asing di lini tengah, baik untuk menambah suplai bola ke depan atau membantu barisan pertahanan.

Oliver Bias dan Firza Andika bisa dipasang di sektor sayap untuk memudahkan aliran bola, sementara Ryo Matsumura wajib diplot di tengah untuk membantu sektor serangan.

Striker: Marko Simic, Gustavo Almeida

Meski ada banyak tekanan yang meminta Marko Simic hengkang, namun Thomas Doll mungkin masih memercayakan lini depan pada eks top skorer Liga 1 tersebut.

Ditambah dengan Gustavo Almeida yang tengah naik daun dan mencetak 14 gol di paruh musim ini, kolaborasi kedua bomber tersebut akan membuat lawan ketar-ketir.