Liga 1

PSS Sleman Gaet Dua Pemain Asing Baru untuk Gantikan Kei Sano dan Yevhen

Kamis, 9 November 2023 14:14 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PSS Sleman resmi mendapatkan dua pemain asing baru menggantikan Kei Sano dan Yevhen Bokhashvili Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PSS Sleman resmi mendapatkan dua pemain asing baru menggantikan Kei Sano dan Yevhen Bokhashvili

INDOSPORT.COM - PSS Sleman resmi mendapatkan dua pemain asing baru menggantikan Kei Sano dan Yevhen Bokhashvili, yang diharapkan bisa mengangkat prestasi tim di putaran kedua Liga 1 2023-2024.

PSS mengalami periode buruk dalam 10 pertandingan terakhir. Mereka tak merasakan kemenangan dan hanya mendapati lima hasil imbang dan lima kekalahan.

Hasil imbang terbaru didapatkan ketika berbagi angka 1-1 dengan Persis Solo di Stadion Maguwoharjo, Rabu (8/11/23). Mereka nyaris kalah sebelum Irkham Milla mencetak gol menit ke-90+1.

Masalah terbesar PSS dalam 10 laga terakhir, terutama sejak ditangani Bertrand Crasson adalah penyelesaian akhir. Mereka tak memiliki bomber ganas yang bisa menyelesaikan setiap peluang.

Total di pertandingan melawan Persis Solo, ada 16 tembakan yang dilepaskan Hokky Caraka dkk. Namun hanya tiga saja yang mengarah ke gawang lawan dan satu sepakan berbuah gol lewat Irkham Milla.

Masalah ini bakal coba diatasi dengan memanfaatkan bursa transfer tengah musim di Liga 1 2023-2024. Presiden Direktur PSS Sleman, Gusti Randa, memastikan dua pemain asing sudah didapat klub.

"Sudah ada (pemain baru), nanti akan kita perkenalkan," kata Gusti Randa saat ditemui di Stadion Maguwoharjo, Rabu (8/11/23) malam.

Kei Sano menjadi sosok pertama yang diganti PSS Sleman. Winger asal Jepang ini dipinjamkan ke klub Sada Sumut FC dan sudah menjalani debut di Liga 2 2023-2024.

Satu nama lain yang akan diganti adalah Yevhen Bokhashvili. Pemain asal Ukraina ini hanya duduk di tribun VVIP saat PSS Sleman melawan Persis Solo.

Yevhen diganti karena tampil kurang maksimal sepanjang putaran pertama. Dia gagal mencetak gol dan mencatatkan assist meski memiliki banyak peluang.

"Kita Insyaallah ada dua pemain asing. Untuk pemain lokal belum," ungkap Gusti Randa.

Gusti Randa memastikan perekrutan dua pemain asing ini menyesuaikan dengan hasil evaluasi pelatih Bertrand Crasson. Satu dari dua pemain asing itu jelas berposisi sebagai penyerang.  

"Karena itu sangat teknis ya, kita kembalikan kepada head coach, karena yang tahu kebutuhan dan segala macamnya sudah pasti head coach. Kita hanya memberikan suggest saja," papar Gusti Randa.

Everton Nascimento sempat dikaitkan dengan PSS Sleman setelah mengakhiri perjalanan bersama PSM Makassar. Sang pemain bisa menjadi penyelesai umpan serta menjadi tembok kokoh bagi second line.

Namun, baru-baru ini rumor berkembang bahwa Everton ingin pulang ke Brasil. Maka, Everton tak akan tampil lagi di sisa kompetisi Liga 1 2023-2024.

Satu nama lain yang terus dikaitkan dengan PSS adalah Vinicius Duarte. Pemain yang pernah memperkuat Gremio ini sudah dua bulan tak melakoni pertandingan bersama klub Serie B Brasil, Mirrasol.

Serie B Brasil musim 2020 ini menjadi masa keemasan Vinicius Duarte. Berdasarkan data di Soccerway, Vico tampil dalam 28 pertandingan bersama EC Vitoria dan mencetak empat gol.

Sementara diSerie B 2023 ini, Vico jarang dimainkan Mirrasol. Dia hanya dimainkan delapan kali sebagai pemain pengganti dan tampil tujuh kali di Copa Paulista.