Liga 1

Pelatih Borneo FC Kecewa Meski Kalahkan Bali United dan Puncaki Klasemen Liga 1

Senin, 13 November 2023 16:32 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, mengaku kurang puas, meski timnya menang atas Bali United pada pekan ke-19 Liga 1 2023/24, Minggu (12/11/23). Copyright: © Media Borneo FC
Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, mengaku kurang puas, meski timnya menang atas Bali United pada pekan ke-19 Liga 1 2023/24, Minggu (12/11/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, mengaku kurang puas meski timnya menang atas Bali United pada pekan ke-19 Liga 1 2023/24, Minggu (12/11/23). Ia kecewa dengan permainan Pesut Etam.

Pada laga semalam, Borneo FC menang dengan skor tipis, 2-1. Dua gol tim asuhan Pieter Huistra diciptakan Felipe Cadenazzi (28' penalti dan 89'), sedangkan gol Bali United dilesakan Jefferson (50').

Menurut Pieter Huistra, dia sudah prediksi laga tidak akan mudah bagi Borneo FC. Dia cukup kecewa karena anak buahnya tidak bisa tampilkan performa terbaik, kendati amankan tiga poin.

Juru taktik asal Belanda itu menyoroti tempo lambat yang ditampilkan Stefano Lilipaly dan kolega. Bahkan, Pesut Etam cenderung santai, sehingga Bali United mampu cetak satu gol walau bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-38 setelah Jajang Mulyana dikartu merah.

“Kami mendapatkan peluang yang bagus, tapi tak sebagus yang biasa kami tampilkan, tetapi itu juga karena kekuatan Bali,” kata Pieter Huistra.

“Ketika kami mendapatkan penalti dan skor menjadi 1-0 dan kemudian mereka harus bermain dengan 10 orang. Agak sedikit mengecewakan dengan cara kami menurunkan tempo, sehingga memberikan Bali kesempatan untuk mencetak gol dan mereka melakukannnya dengan baik. Mereka bermain bagus dengan 10 pemain,” tambahnya.

Setelah skor imbang 1-1, Pieter Huistra lantas lakukan pergantian taktikal dengan masukan pemain baru. Terens Puhiri, Hendro Siswanto, Win Naing Tun, Diego Michiels dan Nul Zikrak masuk dan berikan perubahan.

Waktu 20 menit akhir jadi momen menentukan bagi Borneo FC. Hingga akhirnya pergerakan M. Sihran pada akhir babak kedua mengacaukan lini belakang Bali United dan memberikan assist untuk Felipe Cadenazzi. 

“Sihran memberikan sentuhan akhir ke Felipe sehingga pada akhirnya kami senang bisa mengakhirinya dengan skor 2-1. Tak banyak tim yang datang ke sini, bisa menang di sini sehingga bagi kami ini adalah hasil yang bagus,” jelas Pieter Huistra. 

Sementara itu, M. Sihran menyatakan kemenangan atas Bali United sangat penting. Itu membuat posisi mereka aman di puncak klasemen sementara Liga 1 2023.

Dengan demikian, Borneo FC terus jaga peluang untuk lolos ke babak champions series Liga 1, demi asa perebutkan gelar juara.

“Alhamdulillah ya untuk pertandingan ini. Pertama, kita dapat tiga poin di kandang Bali. Ini berkat kerja keras tim dan pelatih semua,” ucapnya.

“Motivasi saya hari ini yang penting adalah menang. Saya tidak ingin tim bermain dengan hasil draw, harus dapat tiga poin agar posisi kita semakin jauh dengan peringkat dua. Itu yang paling penting,” tandas Sihran.

Kemenangan atas Bali United, memperkokoh posisi Borneo FC di puncak klasemen sementara Liga 1 2023. Tim asal Kalimantan Timur itu kumpulkan 41 poin atau unggul enam poin dari Persib Bandung di urutan kedua.