Bola Internasional

Kekaguman Suporter Korsel Soal Kemegahan JIS dan Kiprah STY di Indonesia

Senin, 13 November 2023 00:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Isman Fadil/INDOSPORT
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT) Copyright: © Isman Fadil/INDOSPORT
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Isman Fadil/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, ternyata juga menarik perhatian suporter dari luar negeri. Salah satu Suwook yang datang langsung ke Jakarta untuk mendukung Korea Selatan U-17. 

Suwook terbang dari Seoul demi menonton aksi tim Korea Selatan U-17. Yang paling ditunggu adalah pertandingan melawan Prancis U-17. 

Dia menggilai sepak bola, jadi bukan masalah besar baginya ‘menghaburkan’ uang demi melihat aksi para penerus Son Heung-min. 

“Tentu saja saya support Korea Selatan, saya datang langsung dari Seoul, datang kemarin buat nonton Piala Dunia U-17. Saya hanya akan nonton satu laga lagi saat Korea vs Prancis dan setelah itu pulang ke Seoul,” tuturnya saat ditemui di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (12/11/23).

“Saya suka sepak bola jadi saya support mereka semua. Tim kami bagus, tapi sepak bola berkembang dan mereka akan jauh lebih baik lagi, saya menaruh harapan pada mereka,” imbuh Suwook.

Lebih lanjut, Suwook sangat antusias datang ke JIS. Ini pertama kali baginya melihat dan masuk ke stadion yang menggunakan atap.

Kendati disambut cuaca panas Jakarta, Suwook tidak menghiraukannya. Terpenting adalah dia bisa memberikan support ke para pemain muda Korea Selatan.

“Saat saya lihat stadion ini dari jauh, terlihat sangat besar, dan tentu arsitekturnya juga bagus,” tuturnya.

“Saya pikir stadion ini tertutup dan stadion di Seoul itu terbuka (atapnya) jadi tentu saya ini pengalaman bagus buat saya, ini pengalaman pertama juga,” tambah Suwook. 

Selain Suwook, banyak juga suporter Korea Selatan lainnya yang datang ke JIS. Notabene mereka merupakan warga Korsel yang tinggal dan bekerja di Jakarta.

Sayangnya, dukungan langsung dari suporter belum mampu membantu Korea Selatan U-17 menang lawan Amerika Serikat di laga perdana Grup E Piala Dunia U-17 2023. Tim muda Taegeuk Warriors kalah 1-3.

Setelah lawan AS, di laga selanjutnya, Korea Selatan akan berhadapan dengan Prancis pada 15 November. Mereka harus waspada karena calon lawan sebelumnya menang 3-0 atas Burkina Faso.

Selanjutnya, Burkina Faso jadi lawan terakhir bagi Korea Selatan pada 18 November mendatang. 

Ketika berbincang dengan INDOSPORT, Suwook juga mengenal baik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia mengaku sering mengikuti kiprah juru taktik 53 tahun lewat berita di media. 

Suwook mengatakan, Shin Tae-yong adalah pelatih yang bagus, dan dia mendoakan sukses bersama Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Ya tentu saya tau dia. Shin Tae-yong sebelumnya adalah pelatih Timnas Korea Selatan dan kini melatih Indonesia. Saya sering ikutin dia lewat berita dan saya pikir dia pelatih yang bagus,” tuntasnya.