Piala Dunia

Pelatih Korea Selatan Singgung Shin Tae-yong dan Ji Da-bin di Piala Dunia U-17

Minggu, 12 November 2023 11:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Timnas Korea Selatan U-17, Byun Sung-hwan, mengaku mendapat support dari seniornya, Shin Tae-yong, jelang laga perdana Grup E Piala Dunia U-17 2023. Foto: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Pelatih Timnas Korea Selatan U-17, Byun Sung-hwan, mengaku mendapat support dari seniornya, Shin Tae-yong, jelang laga perdana Grup E Piala Dunia U-17 2023. Foto: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Korea Selatan U-17, Byun Sung-hwan, mengaku mendapat support dari seniornya, Shin Tae-yong, jelang laga perdana Grup E Piala Dunia U-17 lawan Amerika Serikat, Minggu (12/11/23) di Jakarta International Stadium (JIS).

Seperti diketahui, Korea Selatan U-17 bermain di Jakarta sehingga mereka sempat berkomunikasi dengan Shin Tae-yong yang kini melatih Timnas Indonesia senior. 

Byun Sung-hwan mengatakan, rencana awalnya Shin Tae-yong akan mendukung langsung di latihan, tapi hal itu batal terlaksana karena harus persiapkan Timnas Indonesia yang bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Coach Shin menghubungi saya dan rencana awalnya adalah dia mendampingi dan mengunjungi kami di latihan sebagai support untuk kami, tapi kemarin dia nonton Timnas Indonesia U-17 (di Surabaya) dan saya dengar sekarang dia siapkan tim senior untuk kualifikasi Piala Dunia,” kata Byun Sung-hwan.

Oleh sebab itu, Byun Sung-hwan tidak kecewa meski Shin Tae-yong batal mengunjungi timnya. Sebaliknya, dia mendoakan agar seniornya sukses bersama Timnas Indonesia.

“Saya harap dia dapat hasil bagus dan tentu untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia nanti,” ucapnya.

Shin Tae-yong memang sedang sibuk bersama tim senior Indonesia. Dia sudah berangkat bersama para pemain ke Irak untuk jalani laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang dimainkan pada 16 November mendatang.

Lebih lanjut, Byun Sung-hwan juga mengucapkan selamat untuk Indonesia yang jadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Timnya cukup antusias bermain di Jakarta, apalagi adaptasi berjalan lancar.

Korea Selatan U-17 sudah familiar dengan  situasi di Jakarta karena sempat jalani uji coba kontra Timnas Indonesia U-17 pada Agustis lalu dan menang tipis, 1-0. 

Byun Sung-hwan juga cukup terkejut dengan hasil yang diraih Indonesia U-17 di laga perdana Grup A Piala Dunia U-17 lawan Ekuador. Kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1.

“Betul, hasil itu di luar dugaan. Tapi saya pikir Indonesia sudah siapkan diri dengan baik saat jadi tuan rumah dan dapat support dari fans, yang jadi tambahan energi buat mereka,” komentarnya saat disinggung hasil yang diraih Indonesia U-17, yang pernah dikalahkannya. 

Selain itu, juru taktik 43 tahun itu mendoakan agar Indonesia U-17 dan Korea Selatan U-17 sukses di Piala Dunia U-17 tahun ini. 

Byun Sung-hwan juga sempat menyinggung nama gelandang Timnas Indonesia U-17, Ji Da-bin, yang memiliki darah Korea Selatan. 

“Saya tak tahu detailnya, tapi saya akan mencari tau setelah ini. Sekarang dia (Ji Da-bin) main untuk Indonesia, jadi saya harap dia bisa tampilkan yang terbaik,” ucap eks pemain Newcastle Jets itu.

Sementara untuk persiapan lawan Amerika Serikat, Byun Sung-hwan menyatakan akan bermain menyerang. Dia sudah analisis kekuatan lawan, yang dinilai punya gaya bermain mirip dengan Korea Selatan. 

“Saya pikir kami sudah persiapkan dengan baik dan kami siapkan strategi untuk bermain agresif,” ujar mantan asisten pelatih Seongnam FC itu.

“Saya tahu pelatihnya (Amerika U-17) itu dari Kosta Rika dan gaya bermainnya seperti Barcelona, dengan andalkan passing, presing ketat dan saya pikir gayanya sama seperti tim kami,” tuntas Byun Sung-hwan.