Piala Dunia

Tuai Kritik di Medsos, Stadion JIS Justru Dipuji Penggawa Timnas Inggris U-17

Sabtu, 11 November 2023 23:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Brasil menghalau bola dari serangan pemain Iran pada laga fase grup C Piala Dunia U-17 di Stadion JIS, Sabtu (11/11/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Brasil menghalau bola dari serangan pemain Iran pada laga fase grup C Piala Dunia U-17 di Stadion JIS, Sabtu (11/11/23).

INDOSPORT.COM - Kualitas rumput Jakarta Internatinal Stadium (JIS) yang digunakan menggelar pertandingan Grup C Piala Dunia U-17 2023 menuai kritik keras di media sosial. Itu karena rumput terlihat kurang sehat. 

JIS digunakan untuk laga pembuka Grup C antara Inggris U-17 vs Kaledonia Baru U-17, Sabtu (11/11/23), lalu dilanjutkan Brasil U-17 vs Iran U-17. 

Dari layar kaca, netizen menilai rumput di stadion yang berada di kawasan Jakarta Utara itu terlihat rusak, kendati jalani perawatan jelang Piala Dunia U-17. 

Padahal, rumput JIS baru saja diganti secara kesuluruhan karena yang sebelumnya diniali kurang sehat.

PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku pengelola berkoordinasi dengan PSSI, PUPR hingga FIFA menggantinya dengan standar FIFA.

Kabarnya, rumput JIS diambil dari rumput lapangan Universitas Pelita Harapan (UPH).

Dari pantauan INDOSPORT, lapangan terlihat ada beberapa spot yang gelap. Dari informasi yang didapat, itu merupakan tambalan rumput sintetis.

Meski demikian, hal itu dinilai tidak terlalu berpengaruh bagi Timnas Inggris U-17. Stiker The Young Lions, Sam Amo-Ameyaw itu mengatakan kualitas lapangan JIS sudah sangat bagus, tak jauh berbeda dengan di negaranya. 

“Ya, lapangan di Inggris juga bagus, tapi tidak ada perbedaan jauh, sama saja sejujurnya, tapi kami fokus pada cara kami bermain,” tuturnya. 

“Saya pikir, hanya tim terbaik yang bisa bermain di sini (JIS), tim-tim top yang bermain di sini, jadi sangat senang,” imbuh pemain milik Southampton itu.

Hal senada juga disampaikan gelandang Inggris U-17, Ethan Nwaneri. Dia merasa nyaman saja beraksi di JIS dan hanya sedikit kepanasan dengan cuaca di Jakarta.

“Tidak, tidak masalah, semuanya bagus (kualitas lapangan),” tutur pemain milik Arsenal tersebut.

“Hanya cuaca sangat panas, tapi kami harus terbiasa. Ini sangat berbeda dengan di Inggris, tapi ini pengalaman baru,” tuntasnya.

Pelatih Kaledonia Baru U-17, Leonardo Lopez juga membantah Jakarta International Stadium (JIS) memiliki kualitas rumput yang buruk. Ia justru menyebut permukaaan lapangan sangat baik.

"Tidak (buruk) Itu sudah sangat bagus bagi kami. Jika ada lapangan di Kaledonia seperti itu setiap pekan tentu akan sangat baik untuk kami," kata Lopez di JIS.

Lopez menyampaikan, para pemain Kaledonia Baru U-17 juga sudah merasakan fasilitas mewah di JIS termasuk kolam berendam yang digunakan selepas pertandingan.