Piala Dunia

Pelatih Kaledonia Baru Bicara soal Karembeu, Indonesia, dan Sejarah Orang Jawa

Selasa, 14 November 2023 11:30 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
© FIFA
Pelatih Kaledonia Baru, Leonardo Lopez, di Piala Dunia U-17 2023 berbicara soal Christian Karembeu, Indonesia, dan sejarah orang Jawa. Copyright: © FIFA
Pelatih Kaledonia Baru, Leonardo Lopez, di Piala Dunia U-17 2023 berbicara soal Christian Karembeu, Indonesia, dan sejarah orang Jawa.

INDOSPORT.COM – Pelatih Kaledonia Baru, Leonardo Lopez, di Piala Dunia U-17 2023 berbicara soal Christian Karembeu, Indonesia, dan sejarah orang Jawa.

Pelatih Kaledonia Baru, Leonardo Lopez, berbicara banyak hal ketika ditemui INDOSPORT secara eksklusif di Lapangan A GBK, Senayan, Senin (13/11/23).

Pertama, mengenai Christian Karembeu, yang merupakan legenda sepak bola yang lahir di Kaledonia Baru dan bermain untuk Timnas Prancis dan Real Madrid (1997-2000).

Christian Karembeu adalah pesepak bola terkenal kelahiran Kaledonia Baru. Dia menjuarai Piala Dunia bersama timnas Prancis pada 1998,” kata Leonardo Lopez saat ditemui INDOSPORT.

“Dia adalah contoh bagi kami, para staf, dan juga pemain muda. Kami harap bahwa dia sangat bangga dengan skuat kami.”

Sekadar informasi, Kaledonia Baru adalah negara bekas jajahan Prancis yang saat ini masih mendapatkan pengaruh dari Negeri Menara Eiffel itu.

Hingga kini, Kaledonia Baru belum merdeka setelah banyak warga negaranya menolak referendum kemerdekaan dari Prancis pada 4 November 2018.

Tak hanya itu saja, Lopez juga mengomentari mengenai Indonesia dan warganya setelah Kaledonia Baru tiba untuk bermain Piala Dunia U-17 2023.

“Indonesia adalah negara yang sangat besar, punya bangunan yang sangat besar juga. (Saya tahu) Jakarta. Kami suka orang-orang Indonesia, yang sangat keren dan ramah kepada kami,” sambungnya.

“(Makanya,) kami berada di kondisi terbaik untuk bermain sepak bola dan kami ingin mengucapkan thank you, terima kasih kepada orang Indonesia.”

Tak ketinggalan, Leonardo Lopez juga sedikit membahas mengenai suku Jawa yang tinggal di Kaledonia Baru.