Piala Dunia

Pasca Bantai Kaledonia Baru, Pelatih dan Striker Brasil Langsung Ultimatum Inggris

Rabu, 15 November 2023 18:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Brasil, Victor Joao dijaga ketat beberapa pemain Kaledonia Baru pada laga kedua fase grup C Piala Dunia U-17 2023 di Stadion JIS, Selasa (14/11/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Brasil, Victor Joao dijaga ketat beberapa pemain Kaledonia Baru pada laga kedua fase grup C Piala Dunia U-17 2023 di Stadion JIS, Selasa (14/11/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Brasil U-17, Phelipe Leal menyatakan timnya sudah siap melawan Inggris U-17 pada partai pamungkas grup Piala Dunia U-17, setelah raih kemenangan telak atas Kaledonia Utara dengan skor 9-0, Selasa (14/11/23) di Jakarta International Stadium (JIS).

Pada laga kemarin sore, Brasil sudah unggul 3-0 di babak pertama lewat aksi Rayan (‘28), Estavao (‘39) dan Luighi (‘44).

Di babak kedua, tim muda Samba menambah pundi-pundi gol berkat sontekan Kaua Elias (‘46, ‘86 dan ‘90+4), Rayan (‘51), Vitor Reis (‘56) dan Joao Victor (‘61). 

Hasil tersebut disyukuri oleh pelatih Brasil U-17, Phelipe Leal. Dia mengakui kemenangan atas Kaledonia Baru sangat penting untuk menaikan mental anak asuhnya, sebab pada laga pertama mereka kalah secara mengejutkan dari Iran dengan skor 2-3.

“Yang penting bukan jumlah gol yang dicetak. Tapi kemenangan hari ini bisa bikin kami melangkah dari kekalahan lawan Iran. Sekarang kami secara mental bisa lebih siap menghadapi Inggris di partai terakhir,” katanya.

Juru taktik 36 tahun itu sebenarnya tidak menargetkan banyak gol saat lawan Kaledonia Utara. Yang diingkan Phelipe Leal adalah ketenangan dalam bermain.

Sebab, ketika kalah dari Iran, para pemain Brasil dinilai tidak bisa menjaga tempo permainan, terutama di babak kedua. Buntutnya, mereka kena comeback.

“Mungkin bagi teman-teman dan suporter mau banyak gol. Tapi kami tidak berpikir begitu, yang penting bisa menang. Tentu jumlah gol bisa bantu kita di akhir. Tapi yang kita pikirkan bermain seimbang dalam main,” tuturnya.

“Gak kayak kemarin (laga lawan Iran), babak pertama bagus, tapi babak dua turun. Sekarang keseimbangan cukup baik. Bisa cetak banyak gol. Sekarang kita fokus lawan Inggris,” sambung Phelipe.

Untuk lawan Inggris, Philepe akan fokus pada recovery terlebih dahulu. Mereka wajib menangkan laga pada 17 November mendatang karena miliki poin (3 poin) yang sama dengan Iran. 

Apabil hanya raih imbang kontra Ingris dan di laga lain, Iran menang atas Kaledonia Baru, maka Brasil dipastikan tersingkir dari Piala Dunia U-17 2023 lebih awal.

“Kami nikmati kemenangan ini dulu dan akan mulai setting untuk laga berikutnya. Yang penting semua pemain dalam kondisi baik. Setelah laga tidak ada cedera,” ucapnya.

“Semoga akan jadi partai yang menarik, bukan hanya untuk Brasil, tapi juga untuk masyarakat yang nonton. Kami bisa raih kemenangan penting, karena itu yang kita inginkan,” lanjut Phelipe Leal.

Hal senada juga disampaikan pencetak hattrick ke gawang Kaledonia Baru, Kaua Elias. Baginya, laga kontra Inggris adalah hidup mati. 

“Kami akan melakukan persiapan yang cukup kuat, pertandingan melawan Inggris adalah laga yang harus dimenangkan karena itu sangat penting buat kami. Tim akan berusaha dengan keras karena kami tau kami perlu menang untuk bisa ada di posisi teratas,” tuntasnya.