Liga 1

Lama Terasing Akhirnya Buat Evan Dimas Hengkang dari Arema FC, Masalah Gaji?

Rabu, 15 November 2023 07:36 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Evan Dimas tinggalkan Arema FC. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Evan Dimas tinggalkan Arema FC. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Evan Dimas menjadi pemain berikutnya yang resmi meninggalkan Arema FC pada bursa transfer Liga 1 musim 2023/2024 periode kedua November ini.

Sebelumnya, Gustavo Almeida Dos Santos resmi keluar dari Arema FC. Striker Brasil penyumbang 14 gol itu menjalani peminjaman ke Persija Jakarta.

Gelandang berusia 28 tahun itu pun sudah pamitan kepada segenap anggota tim berjuluk Singo Edan dalam sesi latihan di Malang, Senin (13/11/23) kemarin.

"Klub dan Evan sudah menjalin kesepakatan. Dia akan bergabung dengan tim lain," ucap General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi Selasa (14/11/23).

"Meski bergabung dengan tim lain, tapi kami akan terus memantaunya. Opsi-opsi strategis tentunya dilakukan untuk kebaikan Arema FC," imbuh dia.

Hengkangnya eks gelandang Bhayangkara FC dan Persija Jakarta itu memang sudah tercium lama, tepatnya sejak kehadiran Fernando Valente.

Pelatih Arema FC asal Portugal itu memang tak lagi memasukkan Evan ke dalam proyeksinya. Tipikal permainannya dinilai tak lagi selaras dengan visi tim.

Sebab itulah yang membuat Evan terasing dari skuat Tim Singo Edan. Selama musim ini, ia hanya tampil 6 kali di lapangan dengan 3 di antaranya dari cadangan.

Sementara selama era Fernando Valente, Evan hanya tampil 1 kali. Itu pun hanya 7 menit saat Arema FC dikalahkan Persebaya 1-3 di Surabaya (23/9/23) lalu.

Padahal, Evan menjalani musim pertamanya dengan lugas dengan mencatat 2 gol dan 1 assist dari 30 laga di Liga 1 2022/2023. Dia juga mempersembahkan Piala Presiden.

Berstatus Pinjaman

Pada saat yang sama, PSIS Semarang langsung memperkenalkan Evan Dimas sebagai pemain barunya untuk mengarungi putaran kedua Liga 1 2023/2024.

Yusrinal Fitriandi lantas menjelaskan status sang pemain lantaran Evan sendiri punya kontrak yang tersisa 6 bulan ke depan.

Sebagaimana diketahui, Evan punya kontrak berdurasi 2 tahun sejak April 2022 sampai 2024 saat direkrut presiden klub saat itu, Gilang Widya Pramana.

"Statusnya adalah pemain pinjaman bersama klub lain di sisa putaran kompetisi Liga 1 2023/2024," beber General Manager Arema FC tersebut.

Bisa jadi, kali ini Arema FC meminjamkan Evan Dimas secara gratis untuk mengurangi beban gaji. Jadi, PSIS tinggal membayarnya sesuai gaji dalam kontrak.

Kendati demikian, Yusrinal mengaku pihaknya masih punya opsi untuk mendatangkan kembali Evan Dimas pada akhir musim nanti.

"Evan Dimas itu aset yang sangat mungkin jadi pertimbangan. Karena itu, kami berpikir dua sisi dalam peminjamannya," bilang Yusrinal.

"Kami harus memikirkan masa depan pemain yang dipinjamkan, baik jam terbang, karir dan sebagainya," pungkas figur yang dikenal sebagai pengusaha itu.