In-depth

Rabiot Bisa Hengkang Pas Lagi Sayang-sayangnya, 4 Gelandang Pengganti untuk Juventus Datangkan

Rabu, 15 November 2023 07:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© juventus
Jelang dibukanya bursa transfer musim dingin 2024 raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, justru harus khawatir akan kehilangan Adrien Rabiot.  (Foto: juventus) Copyright: © juventus
Jelang dibukanya bursa transfer musim dingin 2024 raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, justru harus khawatir akan kehilangan Adrien Rabiot. (Foto: juventus)

INDOSPORT.COM - Jelang dibukanya bursa transfer musim dingin 2024 raksasa Liga Italia (Serie A), Juventus, justru harus khawatir akan kehilangan Adrien Rabiot.

Kontrak yang akan segera berakhir pada Juni tahun depan membuat gelandang internasional Prancis itu berhak untuk bernegosiasi dengan siapa saja pada paruh kedua 2023/2024.

Aturan Bosman memperbolehkan pemain untuk membuka pemicaraan bersama calon klub baru begitu kontraknya dengan sebuah klub hanya menyisakan enam bulan lagi.

Juventus sebenarnya sudah mengaktifkan perpanjangan masa bakti Rabiot pada Juni tahun ini namun usaha tersebut hanya memperpanjang nafas mereka untuk semusim saja.

Untuk mempertahankan eks Paris Saint-Germain itu lebih lama di Turin, maka negosiasi baru harus dibuka dengan si pemain dan juga representasinya.

Jika benar akan pergi, maka Adrien Rabiot akan meninggalkan luka yang begitu dalam bagi Juventus. Tidak cuma karena keberadaannya bisa menutup lubang yang ditinggalkan Paul Pogba dan Nicolo Fagioli, yang absen karena skandal, namun juga perannya yang signifikan.

Sejak 2022/2023 lalu ia berevolusi menjadi salah satu pilar paling penting bagi I Bianconeri. Musim lalu sebanyak delapan gol dan empat assist dibukukannya dari 32 penampilan di Liga Italia.

Musim ini pun Rabiot masih memegang peranan penting. Satu gol dan dua assistnya dari 12 start membantu Juventus masuk dalam title race bersama Inter Milan di dua besar klasemen sementara.

Bukan hal mudah untuk menggantikannya terutama karena tidak akan ada uang yang masuk ke kas klub dari kepergian sebagai free agent. Itulah kenapa empat pemain yang juga segera habis kontrak ini layak diperhitungkan Juventus sebagai pengganti.

1. Jorginho

Sejak masih di Napoli, Jorginho sudah berulang kali dihubungkan dengan Juventus. Kini setelah lima tahun merantau, tampaknya sekarang jadi saat yang tepat bagi gelandang kelahiran Brasil itu mudik ke Liga Italia dan membela Si Nyonya Tua.

Kontrak Jorginho bersama Arsenal tinggal menyisakan delapan bulan lagi sebelum kadaluarsa pada Juni 2024 mendatang. Benar jika ia punya opsi perpanjangan semusim lagi namun hanya bila pihak The Gunners puas dengan performanya. Sejauh ini tanda-tanda apabila pemain 31 tahun itu akan dipertahankan di Emirates masih samar-samar.

Situasi ini bisa dimanfaatkan Juventus untuk akhirnya memboyongnya ke Turin. Jika berniat membeli lebih cepat pada Januari nanti, harga Jorginho dapat ditekan lebih rendah.