Liga 1

Isu Simic Jadi Bagian Klausul Peminjaman Gustavo, Arema FC - Persija Tukar Guling?

Sabtu, 18 November 2023 11:50 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Persib pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024 di stadion Patriot, Sabtu (02/09/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi striker Persija, Marko Simic usai mencetak gol ke gawang Persib pada pekan ke-11 Liga 1 2023/2024 di stadion Patriot, Sabtu (02/09/23).

INDOSPORT.COM - Peminjaman Gustavo Almeida ke klub Liga 1 Persija Jakarta masih menyisakan tugas berat bagi Arema FC, untuk mencari pengganti sepadan di lini serang.

Klub berlogo kepala singa itu juga mendapat berbagai benefit dalam klausul peminjaman Gustavo. Yang pasti, kucuran dana segar sudah didapat sebagai peminjaman.

Lalu, Arema FC juga otomatis melakukan konversi kontrak terhadap dua pemain muda yang dipinjam dari Persija Jakarta sejak awal musim Liga 1.

Status Ginanjar Wahyu dan Ahmad Maulana Syarif yang sebelumnya pinjaman, kini berubah sebagai kontrak permanen bersama tim berjulukan Singo Edan.

"Ketika meminjamkan Gustavo, ada beberapa klausul yang disertakan. Salah satunya status Maulana dan Ginanjar tak lagi pinjaman," ungkap Yusrinal Fitriandi.

"Tetap ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan, baik untuk (finansial) klub maupun (kebutuhan) tim," General Manager Arema FC itu menambahkan.

Kini, rumor terbaru menyebutkan bahwa Marko Simic menjadi bagian dalam klausul peminjaman Gustavo Almeida. Artinya, Simic bersiap ke Malang.

Komposisi pemain asing Arema FC saat ini memang komplet dengan jumlah enam pemain. Namun, Julian Guevara sebagai rekrutan terbaru, posisinya bukan striker.

Pemain Kolombia itu melengkapi Julian Schwarzer (Filipina), Ichaka Diarra (Mali), Charles Raphael (Brasil), Charles Lokoli Ngoy (Australia) dan Ariel Lucero (Argentina).

"Kehadiran pemain asing pada putaran kedua pastinya bersifat booster. Tidak seperti awal musim yang masih harus beradaptasi," tandas Yusrinal.

Striker Pengalaman

Mencuatnya nama Marko Simic juga tak lepas dari bocoran informasi yang diluncurkan pihak klub sebagai pengganti sepadan Gustavo Almeida.

Yusrinal Fitriandi menyebutkan, bahwa klub memang memasukkan 2 pemain asing baru dalam bursa transfer periode kedua Liga 1 selama November ini.

"Ada 2 opsi pemain asing. Satu pemain memang baru dan satu lagi profilnya di Liga 1 sudah kami ketahui sama-sama," bilang Yusrinal.

Satu nama pendatang baru adalah Julian Guevara. Gelandang bertahan kebangsaan Kolombia itu pun sudah diperkenalkan Arema FC, Kamis (16/11/23).

Tak pelak, satu bocoran itu mencuatkan nama Marko Simic. Terlebih, situasinya juga tengah tak jelas di Persija menyusul kedatangan Gustavo Almeida.

"Mungkin kami mencari pemain yang tidak nyaman di timnya saat ini. Yang pasti, kami usahakan dapat pemain yang pernah di Liga 1," sambung dia.

Ya, Marko Simic memang tak menjalani musim comeback-nya di Persija dengan mulus. Tampil dalam 13 laga kompetisi, striker Kroasia itu hanya mencetak 3 gol.

Situasi ini jelas berbanding jauh dengan kontribusinya pada masa lalu. Periode terbaiknya adalah membawa Persija menjuarai Liga 1 2018 dan merebut top skorer 2019 dengan 28 gol.