Liga 1

Kuatkan Lini Tengah, Arema FC Perkenalkan Gelandang Tangguh Asal Kolombia

Kamis, 16 November 2023 18:24 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Arema perkenalkan Julian Guevara sebagai rekrutan baru di bursa transfer. (Foto: MO Arema FC) Copyright: © MO Arema FC
Arema perkenalkan Julian Guevara sebagai rekrutan baru di bursa transfer. (Foto: MO Arema FC)

INDOSPORT.COM - Arema FC tak ingin berlama-lama untuk merasakan kesedihan usai melepas striker terbaiknya, Gustavo Almeida Dos Santos pada bursa transfer Liga 1.

Tim berjulukan Singo Edan langsung mencari nama baru guna mengisi satu slot pemain asing non Asia, pasca peminjaman striker asal Brasil itu ke Persija Jakarta.

Arema FC kemudian merilis Sneyder Julian Guevara Munoz sebagai rekrutan anyar di bursa transfer. Dia berusia 28 tahun dan berkebangsaan Kolombia.

"Kami resmi memperkenalkan pemain baru berposisi gelandang, Julian Guevara asal Kolombia," tutur General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi Kamis (16/11/23).

Masuknya Guevara membuat slot pemain asing Arema FC kembali lengkap 6 orang, setelah Gustavo Almeida yang out menuju Persija Jakarta.

Sejauh ini tidak ada perubahan yakni Julian Schwarzer (Filipina), Ichaka Diarra (Mali), Ariel Lucero (Argentina), Charles Raphael (Brasil) dan Charles Lokoli Ngoy (Australia).

"Julian Guevara menjalin kesepakatan dengan Arema FC sampai kompetisi berakhir, dengan opsi perpanjangan," bilang Yusrinal.

Itu artinya, Julian Guevara mendapatkan kontrak singkat berdurasi 4 bulan. Yakni antara November 2023 sampai April 2024.

Kendati demikian, Arema FC membuka opsi untuk bekerja sama lebih lama dengan eks pemain Kemi City dan FC Inter di Liga Finlandia tersebut.

Jika performanya menawan plus bisa mengangkat Arema FC lolos degradasi, bukan tidak mungkin kontraknya akan diperpanjang untuk Liga 1 musim 2024/2025.

Diarra Terancam

Sejatinya, posisi lini tengah sudah dihuni oleh Charles Raphael. Namun, Fernando Valente belakangan sering menempatkan Raphael sebagai bek tengah.

Bisa jadi, Arema FC akan memproyeksikan eks pemain Jaguares Kolombia ini sebagai gelandang bertahan dan akan bersinergi dengan Ariel Lucero.

Tak pelak, asumsi penempatan posisi Julian Guevara sebagai gelandang bertahan dan Charles Raphael sebagai bek tengah menimbulkan konsekuensi.

Posisi Ichaka Diarra yang aslinya sebagai bek tengah, kini terancam. Terlebih, Raphael juga sering kali diduetkan dengan bek lokal seperti Bagas Adi Nugroho.

Yang jelas, kedatangan Julian Guevara membuat Arema FC berekspektasi tinggi. Bagaimana pun, misi transfer klub adalah menyelamatkan tim dari degradasi.

"Tentu saja kami memiliki harapan tinggi terkait masuknya Julian Guevara bersama pemain-pemain lainnya," ungkap Wiebie Dwi Andriyas.

"Semoga dia bisa memberikan kontribusi lebih untuk mengangkat prestasi Tim Singo Edan," sambung Manajer Arema FC tersebut.

Saat ini, Arema FC memang masih harus berjuang mentas dari jurang degradasi, lantaran berada di urutan 16 klasemen Liga 1 dengan 18 poin.