Piala Dunia

Kesalip Venezuela dan Meksiko, Timnas Indonesia U-17 Tersingkir di Piala Dunia U-17

Minggu, 19 November 2023 08:52 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI.
Aksi Asnawi Mangkualam Bahar di laga Irak vs Timnas Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Copyright: © PSSI.
Aksi Asnawi Mangkualam Bahar di laga Irak vs Timnas Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM - Langkah timnas Indonesia U-17 dipastikan terhenti dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Skuat Garuda Asia gagal lolos ke babak 16 besar dari jalur peringkat tiga terbaik.

Timnas Indonesia U-17 diketahui hanya meraih dua laga imbang dan sekali kalah di penyisihan grup A Piala Dunia U-17 2023. 

Timnas Indonesia U-17 mengimbangi Ekuador dan Panama dengan skor identik 1-1, lalu menelan kekalahan 1-3 dari Maroko.

Praktis, peluang pasukan Bima Sakti lolos ke babak 16 besar sangat lah berat. Nasib Iqbal Gwijangge dkk. ditentukan oleh hasil tim lain.

Akhirnya, timnas Indonesia U-17 kalah poin dari Venezuela dan Meksiko yang berhasil lolos ke babak 16 besar via jalur peringkat tiga terbaik bersama Iran dan Uzbekistan.

Venezuela sejatinya menelan kekalahan di laga terakhir Grup F melawan Jerman dengan skor telak 0-3, tapi tetap lolos ke babak 16 besar.

Sebelumnya, Venezuela menduduki peringkat dua, namun Meksiko belakangan merebut posisi tersebut menyusul kemenangan 4-0 atas Selandia Baru. 

Meksiko pun mengoleksi empat poin. Sama dengan Venezuela, namun unggul selisih gol sehingga lolos ke fase dengan status peringkat dua Grup F. 

Venezuela melengkapinya dengan menduduki peringkat tiga dari empat tim yang menempati ranking tiga terbaik. Iran U-17 di posisi pertama (6 poin) 

Disusul Jepang U-17 dengan poin sama. Selanjutnya Venezuela dan Uzbekistan U-17 berada di peringkat tiga dan empat. 

Indonesia yang memiliki dua poin terlempar dari empat besar tim yang menempati peringkat tiga terbaik, bahkan menempati peringkat terbawah. Burkina Faso juga tersingkir meski menang 2-1 atas Korea Selatan. 

Di sisi lain, Meksiko melaju ke fase gugur Piala Dunia U-17 2023 setelah memetik kemenangan besar 4-0 atas Selandia Baru di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Sabtu (18/11/23). Laga itu sempat mengalami penundaan cukup lama akibat cuaca buruk. 

Meksiko menunjukkan performa terbaik, meski sempat kesulitan membongkar rapatnya pertahanan lawan. Fidel Barajas akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-42, disusul Adrian Fernandez de Lara (47'). 

Stephano Carrillo mencetak brace pada menit ke-54 dan satu lagi dari titik putih (67'). Berikutnya, Meksiko akan bersua runner-up Grup B, Mali, di Surabaya pada Selasa (21/11/23). 

Pelatih Meksiko, Raul Chabrand mengatakan kemarin pertandingan yang bagus. Mereka menampilkan permainan lebih baik dibandingkan laga sebelumnya.