Liga 1

Rumor Transfer Persib Bandung: Bojan Hodak Kritik Tyronne del Pino di Internal Game, Bakal Tercoret?

Senin, 20 November 2023 15:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino sudah berlatih lagi di tim Persib, pada sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Tyronne del Pino sudah berlatih lagi di tim Persib, pada sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (17/10/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, memberikan kritik mengenai penampilan terutama masalah fisik Tyronne del Pino, yang tampil pada game internal di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (18/11/23).

Persib saat ini sedang fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi Dewa United, pada pekan ke-20 kompetisi Liga 1 2023-2024. Selama persiapan, Bojan Hodak mengagendakan game internal pada akhir pekan kemarin.

Pada sesi game internal tersebut, pelatih asal Kroasia ini memberikan kesempatan kepada Tyronne del Pino untuk tampil. Namun, Bojan Hodak menilai kondisi fisik pemain asal Spanyol tersebut belum berada dalam level terbaiknya. 

Meski demikian, mantan pelatih PSM Makassar ini tetap memberikan penilaian positif terkait penampilan Tyronne del Pino di babak pertama. Pasalnya di babak kedua permainan pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tidak maksimal.

"Tyronne bisa dilihat secara kondisi fisik belum di level yang ideal. Tapi di babak pertama dia bermain cukup baik, tapi di babak kedua dia 'mati' karena tidak bermain dalam waktu yang lama," kata Bojan Hodak.

Pada game internal tersebut, Tyronne del Pino, dipasang oleh Bojan Hodak sebagai gelandang tengah dan lebih ke posisi bertahan.

Keputusan tersebut, diambil oleh Bojan Hodak lantaran posisi Levy Madinda yang tidak dapat bermain sebagai gelandang bertahan, sehingga pemain asal Gabon itu dipasang lebih ke depan.

"Dia dipasang sebagai gelandang tengah dan bermain lebih bertahan karena saya menempatkan Madinda di depan mereka (Tyronne dan Adzikry) karena Madinda tidak bisa bermain sebagai gelandang bertahan," ucapnya.

Meski demikian, Bojan Hodak tidak terlalu mempermasalahkan posisi bermain, pasalnya yang terpenting pada game internal tersebut Tyronne del Pino bisa bermain dan merasakan atmosfer pertandingan.

"Jadi itu alasannya. Tapi tidak masalah bagi Tyronne, karena yang terpenting dia bisa bermain," tegas Bojan Hodak.

Sementara itu, mengenai nasib Tyronne del Pino bersama Persib, Bojan Hodak, mengaku belum bisa mengambil keputusan. Pasalnya, masih memantau kondisi yang bersangkutan.

Selain itu, Bojan Hodak masih memiliki waktu untuk melihat perkembangan Tyronne del Pino, pasalnya batas terakhir pendaftaran pemain akan ditutup pada akhir November mendatang.

"Tyronne masih berlatih bersama kami dan kita akan lihat. Saya harus memantau bagaimana perkembangannya dan masih ada waktu selama dua pekan untuk membuat keputusan," jelasnya.

Seperti diketahui, pemain kelahiran Las Palmas, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Namun, Tyronne del Pino mengalami cedera saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Saat pertandingan memasuki menit 71, pemain anyar Persib Bandung ini terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan oleh Ezra Walian, karena mengalami cedera tendon achilles kaki kanan.

Cedera yang dialaminya, membuatnya harus menjalankan program pemulihan cukup lama dan memutuskan untuk pulang dulu ke negaranya. 

Sebagai gantinya, Persib mendatangkan gelandang asal Gabon, Levy Madinda untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023.