Liga 1

Sudah Tak Lagi Dipakai Piala Dunia U-17, Stadion GBT Jadi Venue Persebaya vs PSIS?

Selasa, 21 November 2023 13:41 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Ze Valente bersama pemain Persebaya lain merayakan gol ketiga yang dicetak pada awal menit babak kedua dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT) Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Ze Valente bersama pemain Persebaya lain merayakan gol ketiga yang dicetak pada awal menit babak kedua dalam laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya berharap bisa menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) lagi dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2023/24.

Direktur Operasional Persebaya, Candra Wahyudi, menjelaskan saat ini permohonan tersebut sudah disampaikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

"Kami menjajaki untuk bisa bermain di GBT. Hari ini manajemen Persebaya mengirimkan surat kepada Pemerintah Kota Surabaya," kata Candra, Senin (20/11/23).

Permohonan memakai Stadion GBT ini untuk mengakomodir laga Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang yang berlangsung pada Minggu (26/11/23).

Candra beralasan permohonan menggunakan Stadion GBT kepada Pemkot Surabaya diajukan karena sudah tak dipergunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

"Karena secara teknis Stadion GBT ini juga sudah selesai menjalankan kewajibannya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023," bebernya.

Manajemen Persebaya juga terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak agar bisa kembali bermain di Stadion GBT untuk Liga 1 2023/24.

"Kalau tak salah exlusive use period-nya GBT ini kan sebenarnya sudah selesai ketika besok menjadi tuan rumah dua pertandingan Piala Dunia U-17," lanjutnya.

"Persoalan menggunakan stadion untuk kompetisi setelah Piala Dunia usai ini pernah dilakukan di Rusia. Bisa dicek, ada salah satu stadion di Moskow itu menjadi host untuk pertandingan penyisihan dan 16 besar."

"Tapi kemudian ketika waktu itu finalnya kan tanggal 15 Juli, tapi 13 Juli stadion markas Spartak Moskow itu sudah menggelar hajatan lain (konser Guns N' Roses)," tandas Candra Wahyudi.

Melihat contoh penggunaan stadion setelah Piala Dunia di Rusia itu, Candra cukup optimistis mengantongi izin dari Pemkot Surabaya.

"Jadi saya kira ada kemungkinan lah, karena ini juga tidak dipakai lagi kecuali memang stadion ini lagi dipakai. Tapi sekarang lagi komunikasi, mudah-mudahan bisa tanggal 26," ujarnya singkat kepada awak media.

Diketahui, Persebaya menjadi tim musafir ketika Stadion Gelora Bung Tomo menjadi lokasi Piala Dunia U-17 2023. Mereka menggelar latihan rutin tidak bisa di stadion yang terletak di kawasan Surabaya Barat ini.

Beruntung, laga kandang Persebaya Surabaya ditunda ketika melawan Persis Solo. Alasannya Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) ada kegiatan lain.

Persebaya menunjuk Stadion Gelora Joko Samudro sebagai venue alternatif untuk menggelar pertandingan Liga 1 2023/14, namun belakangan baru saja menjadi arena kerusuhan suporter usai laga Gresik United vs Deltras FC di Liga 2.

Menanggapi informasi ini, Candra Wahyudi mengaku telah berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait guna mencari solusi terbaik bagi Persebaya.

"Awalnya kami mengajukan Gresik sebagai pengganti GBT selama Piala Dunia U-17 2023, tapi dengan perkembangan kerusuhan kemarin, kami berkomunikasi juga bahwa memang kemungkinan bakal ada dinamika di sana," tandasnya.