In-depth

3 Pelatih Top Asia yang Cocok Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Sabtu, 25 November 2023 04:53 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI/Irvan
Pre Match Press Conference Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina yang dihadiri pelatih Shin Tae-yong di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (20/11/23). (Foto: PSSI/Irvan) Copyright: © PSSI/Irvan
Pre Match Press Conference Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina yang dihadiri pelatih Shin Tae-yong di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (20/11/23). (Foto: PSSI/Irvan)

INDOSPORT.COM - Berikut tiga pelatih top Asia yang cocok menggantikan Shin Tae-tong di Timnas Indonesia, usai raihan hasil negatif di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong kini sedang menjadi sorotan setelah Timnas Indonesia meraih dua kali hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong harus menelan pil pahit karena dihajar Irak dengan skor 1-5.

Kemudian di pertandingan kedua, Skuat Garuda yang dijagokan bisa menang melawan Filipina malah bermain imbang dengan skor 1-1.

Menyusul hasil melawan Irak dan Filipina, publik banyak yang mempertanyakan keputusan Shin Tae-yong dalam pemilihan strategi.

Padahal sebelumnya banyak laga yang mampu dimenangkan oleh timnas Indonesia dalam agenda FIFA Matchday sebelum melakoni babak penyisihan grup Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Seperti menang 2-0 atas Turkmenistan, menang 3-1 atas Burundi, menang 2-1 atas Kuwait, menang 2-1 atas Curacao dan hanya tunduk dari 0-2 dari sang juara dunia, Argentina.

Meski begitu, PSSI memastikan kalau Shin Tae-yong masih aman duduk di kursi pelatih kepala Skuat Garuda.

Hanya saja perpanjangan kontrak Shin Tae-yong bergantung kepada bagaimana kiprah Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023 dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Namun bila gagal, ada tiga pelatih top Asia yang layak untuk menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Siapa saja mereka?