Liga 1

BRI Liga 1 2023/24 Hadirkan Berkah Tak Terkira bagi Pelaku UMKM Setempat

Sabtu, 25 November 2023 01:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© BRI Liga 1 2023/24
Suporter Persija Jakarta menyaksikan pertandingan BRI Liga 1 2023/24. Copyright: © BRI Liga 1 2023/24
Suporter Persija Jakarta menyaksikan pertandingan BRI Liga 1 2023/24.

INDOSPORT.COM - BRI Liga 1 Indonesia 2023/24 tak hanya menghadirkan pertandingan seru, melainkan juga menjadi sarana pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.

Pertandingan Persija Jakarta vs Persikabo 1973 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (9/11/23), berlangsung sangat menarik.

Inilah salah satu pertandingan big match BRI Liga 1 2023/24 yang sangat ditunggu-tunggu oleh pendukung kedua kesebelasan.

Bahkan, Persija vs Persikabo juga dinantikan oleh para pecinta sepak bola Indonesia. Persaingan kekuatan sepak bola Jakarta dan Bogor itu memang sudah mengakar sejak lama.

Di balik keseruan laga tersebut, ada pula pelaku UMKM yang mendapatkan 'berkah' dari big match BRI Liga 1 2023/24 itu. Terdapat beberapa booth merchandise suporter Persija yang menjajakan atribut kebanggaan klub, di ring road Stadion Patriot.

Orange All Shop (OAS) menjadi salah satu booth merchandise yang ramai dikunjungi fan Persija, yakni The Jakmania. Muhammad Nursalim, salah satu staff OAS, mengatakan bahwa mendapatkan pemasukan yang lumayan dari berjualan di ring road Stadion Patriot.

Bisa dibilang OAS merupakan salah satu toko resmi Jakmania. Mereka menjual produk-produk sendiri seperti t-shirt, jaket, syal dan juga produk official Persija Jakarta. Desain menarik ditambah produk resmi membuat OAS diserbu oleh para fans. 

"Sangat lumayan, biasanya kami mendapatkan keuntungan sekitar Rp3-5 juta. Bahkan dulu pernah mencapai keuntungan sebesar Rp7 juta," kata Nursalim.

"Ya, setiap pertandingan ada saja yang beli merchandise di OAS. Sangat membantu untuk pelaku usaha seperti kita," lanjutnya.

Selain merchandise, usaha makanan juga cukup laris saat pertandingan berlangsung. Makan Kebab menjadi salah satu yang membuka kedai di saat pertandingan berlangsung.

"Makan Kebab mendapat keuntungan yang cukup saat ada pertandingan sepak bola. Hasilnya lumayan untuk sekali pertandingan. Keuntungannya bisa lebih dari hari-hari biasa,” ujar Moch. Zulfikri, pemilik Makan Kebab.

BRI selaku sponsor resmi Liga 1 2023/24 menyambut dengan baik dengan menjamurnya pelaku UMKM dari kalangan suporter. Hal ini bukan hanya menaikkan kualitas kompetisi, melainkan juga bermanfaat bagi kalangan UMKM.

Hal ini tentu saja sejalan dengan komitmen BRI sebagai sponsor utama  untuk menciptakan kompetisi sepak bola terbaik dan menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan bahwa BRI Liga 1 sukses menjadi penggerak perekonomian dan bahkan melahirkan efek berganda bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dari sisi ekonomi, penyelenggaraan BRI Liga 1 berhasil menjadi motor penggerak ekonomi khususnya di industri sepak bola nasional serta UMKM yang terlibat dalam industri sepak bola," kata Sunarso.

Semjua ini tentu selaras dengan apa yang dicita-citakan BRI yang ingin melihat perekonomian rakyat bergerak maju seiring suksesnya kompetisi sepak bola kasta teratas Indonesia.

#BolaPemersatuBangsa #BRIPalingBola