Liga 1

Dapatkan Pengganti Gustavo Almeida, Arema FC Datangkan Striker Bolivia Gilbert Alvarez

Sabtu, 25 November 2023 23:52 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Arema FC
Striker baru Arema FC asal Bolivia, Gilbert Alvarez yang didatangkan untuk putaran kedua Liga 1 2023/2024. Copyright: © MO Arema FC
Striker baru Arema FC asal Bolivia, Gilbert Alvarez yang didatangkan untuk putaran kedua Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Arema FC akhirnya resmi mendapatkan pengganti Gustavo Almeida Dos Santos sebagai andalan lini serang baru pada putaran dua Liga 1 2023/2024.

Gilbert Alvarez Vargas menjadi rekrutan terbaru tim berjulukan Singo Edan dalam bursa transfer periode kedua. Dia diumumkan klub pada Sabtu (25/11/23).

"Kami ucapkan selamat bergabung pada Gilbert Alvarez yang resmi berkostum Arema FC," tutur General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

Sebelum berlabuh ke Arema FC, Gilbert memang masih terbilang aktif mengikuti laga-laga kompetitif di Liga Primer Bolivia memperkuat Club Atletico Palmaflor.

Gilbert mencatatkan 20 laga untuk tim yang menghuni peringkat 18 dari 20 tim dengan 29 poin tersebut. Dia juga menyumbangkan 8 gol sepanjang musim ini.

Track record itu yang tampaknya membuat Arema FC kepincut untuk merekrutnya. Terlebih, dia juga berstatus eks striker timnas Bolivia.

"Kami cukup optimis bahwa masuknya Gilbert Alvarez di komposisi tim mampu mengangkat prestasi Arema FC," tambah Inal, sapaan karib Yusrinal Fitriandi.

Derby Jatim menjamu Persik Kediri di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar pada Senin (27/11/23), bakal menjadi debut resmi Alvarez di Liga 1.

Klub berlogo kepala singa ini pun menilai, masa adaptasinya tak akan bermasalah. Kendati dia akan tampil hanya berselang 2 hari pasca peresmiannya.

"Saya rasa tidak akan masalah. Adaptasinya hanya beda hari dengan Julian (Guevara). Kami akan berusaha agar dia tampil dengan performa terbaik, tandas Inal.

Coret Satu Nama

Kehadiran striker yang terakhir kali memperkuat timnas Bolivia pada 2021 itu lantas menimbulkan konsekuensi terhadap komposisi pemain asing.

Pasalnya, Arema FC kini memiliki 7 nama, sedangkan regulasi Liga 1 hanya memberi 6 slot untuk pendaftaran pemain asing pada kompetisi.

Kedatangan Gilbert Alvarez adalah untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Gustavo Almeida. Sebelumnya, klub juga merekrut Julian Guevara (Kolombia).

Sementara masih ada 5 nama di tim. Yakni Julian Schwarzer (Filipina), Ichaka Diarra (Mali), Charles Raphael (Brasil), Charles Lokoli Ngoy (Australia) dan Ariel Lucero (Argentina).

"Kami memahami terkait hal ini. Tentu saja, kami patuh dengan regulasi yang ditetapkan perihal kuota pemain asing," bilang Yusrinal Fitriandi.

Tak ayal, situasi ini memaksa klub berlogo kepala singa untuk mengorbankan satu nama. Yang pasti adalah pemain asing non Asia.

"Tentu saja yang bisa didaftarkan adalah 6 pemain (asing) sesuai regulasi. Jadi untuk memenuhi itu, satu kuota memang harus dicabut," jelas Inal.

"Kita tunggu saja (siapa pemain asing yang dicoret) sampai bursa transfer ditutup pada 28 November 2023 nanti," pungkas figur asal Sumatera Barat tersebut.