Liga Indonesia

Liga 2 2023/24 dalam Angka, PSMS Masih Terbaik di 4 Kategori Ini

Sabtu, 25 November 2023 09:25 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Sepanjang perhelatan Liga 2 2023/24, PSMS Medan ternyata mencatatkan statistik cukup mengesankan hingga pekan ke-11. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Sepanjang perhelatan Liga 2 2023/24, PSMS Medan ternyata mencatatkan statistik cukup mengesankan hingga pekan ke-11.

INDOSPORT.COM - Sepanjang perhelatan Liga 2 2023/24, PSMS Medan ternyata mencatatkan statistik cukup mengesankan hingga pekan ke-11, yang mana laga pekan ini baru berjalan beberapa hari lalu.

Diketahui, kendati sudah memasuki pekan ke-11, tetapi mayoritas klub-klub Liga 2 musim ini baru menjalani 8-9 pertandingan. Bahkan ada dua tim di Grup 2 yang baru menjalani 7 laga karena duel Perserang vs Malut United ditunda.

Sementara itu, tercatat ada empat kategori di mana Ayam Kinantan, julukan PSMS, berada pada posisi pertama dari total 28 klub yang berkompetisi di liga kasta kedua tersebut.

Seperti diketahui, PSMS sendiri saat ini bertengger di peringkat ketiga dengan mengantongi 12 poin dari 8 laga, dengan 2 kali menang dan 6 kali seri.

Selain itu, PSMS juga menjadi salah satu dari dua tim di Liga 2 2023/24 yang belum pernah tersentuh kekalahan bersama Persiraja Banda Aceh, yang merupakan pemimpin sementara klasemen Grup 1.

Melansir situs resmi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Jumat (24/11/23), PSMS memimpin pada empat kategori dari 15 kategori yang ada di mana PSMS menjadi tim yang paling banyak melakukan tembakan dengan 129 tembakan. 

Selain itu, Rachmad Hidayat dan kolega menjadi tim dengan total tembakan pojok (corner kick) terbanyak yakni sebanyak 54 kali.

Tim yang kini dinakhodai Miftahudin Mukson itu juga menjadi pengoleksi tembakan ke gawang terbanyak dibanding tim-tim Liga 2 lainnya yakni dengan 51 tendangan. Tak hanya itu, kiper PSMS Medan juga berhasil memblok tendangan tim lawan paling banyak yakni 38 kali. 

Dominasi PSMS di Statistik Lainnya

Sementara, pada tiga kategori lain, PSMS juga berada pada empat besar. Sebut saja soal total operan, penguasaan bola, hingga akurasi tembakan.

Menanggapi hal itu, Direktur Teknik (Dirtek) PT Kinantan Medan Indonesia (KMI) yang menaungi PSMS, Andry Mahyar Matondang menilai, torehan statistik positif itu menjadi bukti bahwa PSMS saat ini semakin membaik. 

"Alhamdulillah PSMS saat ini sudah semakin baik, itu terlihat dari hasil yang dicapai kendati belum maksimal seperti harapan kita. Harapannya ke depan tim ini bisa semakin solid dan hasilnya sesuai dengan harapan masyarakat," ucap Andry Mahyar.

Diketahui, PSMS baru akan melakoni laga pekan ke-11 alias laga ke-9 dengan bersua dalam laga bertajuk derby Sumatra Utara (Sumut) bersejarah kontra PSDS Deli Serdang.

Dalam laga yang dihelat pada Senin (27/11/23) sore di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang itu PSDS akan bertindak sebagai tuan rumah.

Berikut Statistik PSMS di Liga 2 2023/24 dari delapan laga yang dilakoni

Peringkat 1
Total Tembakan: 129
Tendangan Sudut: 54
Tembakan ke Gawang: 51
Tembakan Diblok: 38

Peringkat 4
Total Passing: 2742
Penguasaan Bola: 476
Akurasi Tembakan: 437