Liga Indonesia

Asal Tuding, Provokasi Exco PSSI Arya Sinulingga ke Bos Persiraja Jadi Runyam

Senin, 27 November 2023 10:51 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Exco PSSI sekaligus Founder klub Liga 2 Sada Sumut FC, Arya Sinulingga. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Exco PSSI sekaligus Founder klub Liga 2 Sada Sumut FC, Arya Sinulingga. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI yang juga founder dari Sada Sumut FC di Liga 2, Arya Sinulingga, melakukan provokasi dengan menyerang Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam, dengan kata-kata yang tidak pantas.

Kejadian itu terjadi saat Sada Sumut menjamu Persiraja dalam laga lanjutan Grup 1 Liga 2 2023/24 di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubuk Pakam, Deli Serdang pada Sabtu (25/11/23) kemarin.

Nazaruddin Dek Gam yang duduk tenang di kursinya di VVIP, tiba-tiba diserang Arya Sinulingga sebanyak tiga kali seperti dalam video yang tersebar di media sosial. Saat itu Sada Sumut juga sedang tertinggal 2-0 dari Persiraja di babak pertama.

Pengawas Pertandingan (PP) di laga itu, Julius mengatakan, staf khusus Menteri BUMN itu tak tahu bahwa sanksi yang didapat Nazaruddin Dek Gam sudah selesai.

“Tadinya dia kira presiden Persiraja masih kena sanksi, setelah kejadian itu saya jelaskan kalau presiden Persiraja sudah selesai masa hukumannya,” kata Julius, kepada awak media, Minggu (26/11/23).

“Iya bang. Tadi saya jelaskan pak Arya juga sadar kalau dia mungkin salah hitung. Jadi setelah itu dia enggak jadi marah lagi. Tadi bagusnya bos Persiraja (Dek Gam) tidak tanggapi, jadi semua aman,” sambungnya.

Dalam laga itu, pertandingan berjalan normal, namun di babak kedua tensi menjadi semakin tinggi hingga pertandingan berakhir 2-2. Bek tengah Persiraja, Nurhidayat juga diganjar kartu merah saat Sada Sumut sedang tertinggal.

Melihat aksi tidak senonoh dari sosok petinggi Exco PSSI itu, juga nyaris memancing pemain Persiraja yang berada di bench.

“Alhamdulillah semua aman, Presiden kita (Persiraja) tidak merespons tingkah Arya tersebut,” jelas sekum Persiraja, Rahmat Djailani.

Sebagaimana diketahui, sanksi yang diterima orang nomor satu di klub berjuluk Laskar Rencong itu tak lepas dari pascalaga pertemuan pertama kedua tim di Banda Aceh pada 30 September 2023 lalu.

Dalam laga yang berakhir 1-0 untuk Persiraja itu, Dek Gam mendapat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI berupaya skors larangan berpartisipasi dalam pertandingan sebanyak lima pertandingan dan denda Rp22,5 juta.

Jika merujuk pascalaga Persiraja vs Sada Sumut di Banda Aceh, sanksi lima laga tersebut yakni saat kontra PSDS Deli Serdang (away), Semen Padang (home), PSPS Riau (away), Sriwijaya FC (away), dan PSMS Medan (home). Sehingga saat laga Sada Sumut vs Persiraja, sanksi Dek Gam sudah habis.