Liga 1

Terungkap Nama Rekrutan Anyar Persib Bandung dari Malaysia Kevin Ray Mendoza

Senin, 27 November 2023 09:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram @kevinraymendoza
Bursa transfer Liga 1 2023/2024 akan segera ditutup pada Selasa (28/11/23), Persib Bandung kabarnya segera datangkan kiper asing Kevin Ray Mendoza. (Foto: IG @kevinraymendoza) Copyright: © Instagram @kevinraymendoza
Bursa transfer Liga 1 2023/2024 akan segera ditutup pada Selasa (28/11/23), Persib Bandung kabarnya segera datangkan kiper asing Kevin Ray Mendoza. (Foto: IG @kevinraymendoza)

INDOSPORT.COM - Bursa transfer Liga 1 2023/2024 akan segera ditutup pada Selasa (28/11/23), Persib Bandung kabarnya segera datangkan kiper asing Kevin Ray Mendoza.

Guna menambah kekuatan pada putaran kedua Liga 1 2023/2024, Persib Bandung kabarnya akan mendatangkan kiper asing yang saat ini merumput di Malaysia, Kevin Ray Mendoza.

Klub Kuala Lumpur City FC bahkan sudah mengucapkan kata perpisahan kepada Kevin Ray Mendoza, padahal Liga Malaysia masih bergulir sampai bulan Desember.

Stadium Cheras menampilkan poster yang bertuliskan ucapan terima kasih pada Kevin Ray Mendoza, selepas Kuala Lumpur City menang 3-0 atas Kelantan United.

Pada momen itu, Kevin Ray Mendoza juga bersalaman dengan seluruh elemen tim, lalu kemudian kiper 29 tahun itu disiram dengan air kemasan sebagai bentuk perpisahan.

Sejak membela Kuala Lumpur City pada tahun 2021, Mendoza telah mencatatkan 69 penampilan sebagai kiper utama di timnya, termasuk 17 penampilan pada  musim 2023 ini.

Sepanjang kiprahnya bersama The City Boys, Mendoza telah membantu tim meraih gelar juara Piala Malaysia (2021), runner-up Piala AFC (2022) dan runner-up Piala FA (2023).

Bahkan, media Malaysia juga sudah menduga kemana Mendoza berlabuh. Ia diyakini akan menyusul pelatihnya, Bojan Hodak, ke Liga 1 dan membela Persib Bandung.

"Kevin Ray Mendoza mengikuti Bojan Hodak. Diketahui kiper KL City itu bakal tinggalkan The City Boys untuk gabung ke Persib Bandung," tulis Zulhelmi Zainal Azam dari Astro Arena.

Perombakan Skuad Persib Bandung

Jika benar Kevin Ray Mendoza menyusul Bojan Hodak untuk membela Persib Bandung, maka akan ada perombakan besar-besaran di tim pada putaran kedua Liga 1 2023/2024.

Satu hal yang pasti, daftar pemain asing akan berubah untuk memasukkan nama Kevin Ray Mendoza di kuota. Sejauh ini pemain yang sudah pasti terdepak adalah Levy Madinda.

Bukan karena permainan Levy Madinda kurang bagus, hanya saja masa peminjaman sang pemain sudah selesai. Ia akan kembali ke klub Johor Darul Takzim di Malaysia.

Lalu, Persib Bandung mungkin juga tidak akan mendaftarkan Tyronne del Pino yang musim lalu mengalami cedera dan tidak bermain.

Jika melihat Kevin Ray Mendoza yang memiliki paspor Filipina (AFF), ada pula kemungkinan Persib akan melepaskan Daisuke Sato, tetapi dengan skema peminjaman.

Menarik saat melihat latar belakang Kevin Ray Mendoza, yang sebenarnya merupakan kiper kelahiran Denmark, tetapi berpaspor Filipina.

Praktis Mendoza juga diandalkan di Timnas Filipina. Ia sudah berkontribusi dalam 7 laga bersama The Azkals, dengan torehan 2 kali cleansheet dan kebobolan 10 gol.

Kemudian, mengingat posisi Kevin Ray Mendoza adalah sebagai kiper, maka Teja Paku Alam kemungkinan besar akan turun menjadi kiper pelapis pada putaran kedua.

Selain Teja Paku Alam, sejauh ini Persib Bandung juga memiliki deretan kiper yakni Fitrul Dwi Rustapa, Reky Rahayu, dan Sheva Sanggasi.

Masuknya Kevin Ray Mendoza mungkin akan mengorbankan satu kiper. Bojan Hodak memiliki opsi untuk melepaskan pemainnya atau meminjamkan ke klub Liga 2.