Liga 1

Debut untuk Persik Kediri Usai Menganggur 6 Bulan, Apa Reaksi Irfan Bachdim?

Rabu, 29 November 2023 14:26 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MO Persik Kediri
Irfan Bachdim saat di pertandingan mnghadapi Arema FC, Senin (27/11/23). Foto: MO Persik Kediri. Copyright: © MO Persik Kediri
Irfan Bachdim saat di pertandingan mnghadapi Arema FC, Senin (27/11/23). Foto: MO Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Keputusan Persik Kediri untuk menggaet Irfan Bachdim pada bursa transfer periode kedua Liga 1 2023/2024, nampaknya berjalan sesuai ekspektasi.

Striker berusia 35 tahun itu pun sudah diberikan kesempatan untuk langsung debut, saat Persik menantang Arema FC dalam Derbi Jatim, Senin (27/11/23).

Kendati hanya berada 23 menit di lapangan menggantikan Mochammad Supriadi, perannya mulai penting untuk lini serang Persik Kediri.

Berawal dari aksinya saat umpan tariknya disapu bek Arema FC, lahir lah sepak pojok untuk Persik. Debutan tim lainnya, Ze Valente, kemudian mengambil sepak pojok itu.

Crossing akurat playmaker yang dipinjam dari Persebaya itu lantas dimaksimalkan Anderson Nascimento menjadi gol pada menit 74 dan memenangkan Persik 1-0.

Lantas, bagaimana reaksi Irfan Bachdim pascadebut sensasional untuk Persik? Terlebih, dia juga sudah 6 bulan menganggur usai kontraknya berakhir di Persis Solo Juli lalu.

"Sangat senang menjalani debut dengan laga derby (melawan Arema FC). Apalagi, kami meraih hasil yang positif," bilang Irfan Bachdim saat post-match press conference.

Sejatinya, eks striker Persema Malang dan Bali United itu ingin rehat sejenak sebagai pesepak bola profesional tahun ini, selepas tak lagi di Persis Solo.

Namun, tawaran dari tim berjuluk Macan Putih itu membuat berubah pikiran. Irfan Bachdim tak pikir panjang untuk comeback ke lapangan hijau di Liga 1.

"Saya beberapa kali sudah berlatih dengan tim ini. Kebutuhan tim Persik atas pemain senior, membuat saya antusias bergabung," ungkap Bachdim.

Target Tinggi

Debut cemerlang itu pun membuat Irfan Bachdim mengampungkan optimisme untuk dapat mencapai target tinggi yang dipatok Persik Kediri musim ini.

Misi memperbaiki peringkat dari finis di urutan 11 klasemen selama 2 musim terakhir, kini sudah tercapai. Persik berada di urutan 7 klasemen Liga 1 dengan 29 poin.

"Target yang diberikan pelatih adalah (finis) di posisi 5 besar. Tapi, kami akan berusaha untuk sampai ke posisi 4 besar (babak championship)," papar Bachdim.

Ya, Tim Macan Putih memang membuka peluang untuk meramaikan persaingan meraih 4 tiket menuju babak perebutan gelar juara Liga 1 alias Championship.

Kans itu terbuka, lantaran Persik hanya terpaut 5 angka saja dengan PSIS Semarang yang berada di peringkat 4 dengan mengumpulkan 34 poin.

Peluang yang terbilang sangat besar dengan 14 pekan tersisa. Masih banyak kans untuk menggusur PSIS, sekaligus Rans Nusantara FC dan Madura United (31 poin).

"Seperti kata coach (Marcelo Rospide), kami mesti terus memperbaiki sejumlah hal. Perlahan kami akan naik ke papan atas," beber Bachdim.

"Ini kesempatan terbaik bagi saya untuk menampilkan performa terbaik. Terima kasih kepada pelatih dan manajemen telah beri saya kesempatan kembali ke Liga 1," pungkas eks striker Chonburi Thailand itu.