Liga 1

Usai Irfan Bachdim, Persik Kediri Jadi Pelabuhan Baru Playmaker Persebaya?

Selasa, 21 November 2023 12:13 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@officialpersebaya
Pemain Persebaya Ze Valente mencetak gol ke gawang PSS Sleman di laga BRI Liga 1. (Foto: Instagram@officialpersebaya) Copyright: © Instagram@officialpersebaya
Pemain Persebaya Ze Valente mencetak gol ke gawang PSS Sleman di laga BRI Liga 1. (Foto: Instagram@officialpersebaya)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri tampak menjadi klub paling aktif pada bursa transfer Liga 1 2023/2024 periode kedua, yang berlangsung 1 sampai 28 November.

Terbaru, tim berjulukan Macan Putih sudah meresmikan status Irfan Bachdim sebagai pemain baru. Striker berusia 35 tahun itu diperkenalkan klub pada Senin (20/11/23).

Eks pemain Persis Solo itu sekaligus menjadi pemain ke-3 yang didatangkan Persik, setelah Miswar Saputra (kiper) dan meminjam Ahmad Nuri Fasya (bek) dari Persebaya.

Namun, ada indikasi bahwa tim yang bermarkas di Stadion Brawijaya itu masih akan mendaratkan pemain baru lagi. Apakah pemain yang dimaksud adalah Ze Valente?

Hal itu tergambar dari postingan klub pada Instagram saat mengenalkan Irfan Bachdim. Persik menyebutkan inisial huruf Z dan E secara kapital dalam caption mereka.

"Irfan Bachdim akan hadir dan bergabung bersama Macan Putih dengan pengalaman yang dimiliki. Irfan Bachdim is purple, Who'Z nExt?," tulis Persik.

Spekulasi itu pun diperkuat dengan statement Marcelo Rospide, yang memang butuh tambahan pemain lagi pada bursa transfer kali ini.

Terlebih pada sejumlah postingan di media sosial, Ze Valente yang saat ini masih berstatus playmaker Persebaya, tampak hadir dalam program latihan Persik di Kediri.

"Rasanya, kami tidak akan terlalu aktif karena saya cukup puas dengan komposisi pemain saat ini, tapi masih perlu melengkapi lagi," beber Pelatih Persik Kediri tersebut.

"Yang pasti, pemain baru yang datang harus bisa mengangkat kualitas tim guna terus memperbaiki posisi di klasemen," kata Rospide.

Nasib Jefinho

Sejauh ini, Persik Kediri baru mencoret tiga nama yang semuanya lokal. Mereka adalah Rendy Juliansyah, Kurniawan Kartika Ajie, dan Gunawan Dwi Cahyo

Sementara pemain asing masih komplet. Yaitu Simen Lyngbo (Filipina), Rohit Chand (Nepal), Flavio Silva (Portugal), serta Anderson Nascimento, Renan Silva dan Jefinho (Brasil).

Lantas, bagaimana jika benar Ze Valente ditampung oleh Persik? Yang pasti, slot pemain asing non Asia harus tergusur oleh playmaker kebangsaan Portugal itu.

Jefinho kemudian menjadi nama yang paling santer dikabarkan segera dicoret Persik. Pasalnya, hingga saat ini dia masih dibekap cedera sejak September lalu.

Masalahnya, Tim Macan Putih agaknya keberatan jika mesti memenuhi seluruh gaji sebagaimana klausul kontrak jika harus mengakhiri kerja sama dengan Jefinho.

Informasi yang diperoleh INDOSPORT.COM menyebutkan, bisa jadi nasib Jefinho akan seperti koleganya asal Brasil, Bruno Silva saat berjersey PSIS Semarang.

Pada putaran kedua Liga 12021/2022, Bruno saat itu tidak dicoret tim. PSIS mendaftarkan Chevaughn Walsh sebagai striker asing pengganti Bruno Silva.

"Masih ada waktu hingga akhir bulan (November 2023) nanti (perihal bongkar pasang pemain di bursa transfer)," pungkas Marcelo Rospide.