Liga 1

PSS Sleman Kehilangan Miliaran Rupiah, Beban Risto Vidakovic di Liga 1 Tambah Berat

Senin, 20 November 2023 13:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain PSS Sleman dan Madura United melihat keributan di tribun Utara Stadion Maguwoharjo usai laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (24/9/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pemain PSS Sleman dan Madura United melihat keributan di tribun Utara Stadion Maguwoharjo usai laga pekan ke-13 Liga 1 2023-2024 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (24/9/23).

INDOSPORT.COM - PSS Sleman harus menerima fakta kehilangan potensi pendapatan miliaran rupiah setelah dihukum Komdis PSSI. Laga kandang tanpa penonton juga menambah beban Risto Vidakovic membawa timnya bangkit di Liga 1 2023-2024.

Potensi pendapatan miliaran rupiah itu lenyap setelah Komdis PSSI menjatuhkan sanksi tiga pertandingan kandang tanpa penonton serta denda Rp25 Juta.

Sanksi itu dijatuhkan Komdis PSSI setelah beberapa oknum suporter nekat masuk lapangan, merusak bench dan ribut dengan steward usai kekalahan atas Bali United 0-1, 3 November 2023 lalu.

PSS pun akan bermain tanpa penonton saat menjamu Barito Putera, RANS Nusantara FC dan Persikabo 1973. Situasi itu memaksa PSS kehilangan potensi pendapatan miliaran rupiah dari penjualan tiket pertandingan.

Seperti diketahui, laga kandang PSS rutin dipadati suporter. Bahkan, jumlah penonton laga kandang sepanjang putaran pertama mencapai 99.131 penonton atau berada di peringkat kedua setelah Persija Jakarta.

Terakhir, dalam laga melawan Bali United, jumlah penonton mencapai 8.574 orang.  Sementara saat melawan Madura United, 24 September 2023 lalu, ada 14.738 penonton yang datang.

Dengan hitungan harga resmi tiket tribun barat Rp100 ribu, tribun timur Rp85 ribu dan tribun belakang gawang Rp50 ribu. INDOSPORT,COM memprediksi PSS Sleman kehilangan potensi pendapatan lebih dari Rp2 Miliar.

PSS Sleman pun menyesalkan jatuhnya sanksi berat akibat ulah dari oknum suporternya sendiri. Sebelum ini, PSS juga pernah kena sanksi laga tanpa penonton saat melawan Persik Kediri.

"PSS berharap kericuhan dan perusakan beberapa waktu lalu menjadi yang terakhir terjadi dan tidak terulang lagi di pertandingan-pertandingan mendatang, baik di laga kandang maupun tandang," demikian pernyataan resmi PSS Sleman terkait sanksi tersebut.