Liga 1

Kevin dan Stefano Gabung, Persib Lepas Daisuke Sato dan Tyronne del Pino

Rabu, 29 November 2023 13:06 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Daisuke Sato. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Daisuke Sato. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persib Bandung memastikan tidak mendaftarkan Daisuke Sato dan Tyronne del untuk putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, hal itu disampaikan langsung oleh pelatih Bojan Hodak.

Menurut Bojan Hodak, untuk mengarungi putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, skuad Maung Bandung akan mendaftarkan enam pemain sesuai dengan regulasi yakni 5 (asing bebas) + 1 (anggota ASEAN).

Enam pemain yang akan memperkuat Persib di putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, yakni Nick Kuipers, Alberto Rodriguez Martin, David da Silva dan Ciro Alves, plus Stefano Beltrame dan Kevin Ray Mendoza Hansen.

"Tidak, kami hanya punya enam pemain asing," kata Bojan Hodak ditemui setelah memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (29/11/23).

Keputusan Persib tidak mendaftarkan atau melepas Daisuke Sato dan Tyronne del Pino, tak lepas dari bergabungnya Stefano Beltrame dari Italia dan kiper Filipina Kevin Ray Mendoza Hansen.

Kedua pemain asing tersebut, tidak didaftarkan oleh skuad Maung Bandung pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 dan rencananya Daisuke Sato serta Tyronne del Pino bakal dipinjamkan.

"Dua pemain adalah Sato dan Tyronne, mereka harus pergi dengan status pinjaman," ungkapnya.

Pelatih asal Kroasia ini tidak menyebutkan klub mana yang bakal menjadi tujuan Daisuke Sato dan Tyronne del Pino, meski begitu kemungkinan besar mereka bakal bermain di Thailand.

"Saya tidak tahu, mungkin ke Thailand atau mungkin menuju tempat lainnya, saya tidak tahu. Itu semua tergantung mereka," jelasnya.

Pada sesi latihan yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (29/11/23), Daisuke Sato sudah tidak terlihat berlatih dengan Persib.

Menurut Bojan, bek asal Filipina tersebut tidak ikut berlatih lantaran mendapatkan waktu libur bersama beberapa pemain yang sebelumnya memperkuat Timnas.

"Bisa dilihat hari ini semua pemain tim nasional absen. Karena setelah laga terakhir antara timnas Indonesia dan Filipina, saya langsung memanggil mereka kembali untuk persiapan menghadapi Dewa," ungkapnya.

"Tetapi setelah itu, saya berjanji memberikan waktu mereka libur tiga hari karena sebelumnya mereka tidak punya banyak waktu libur. Edo, Klok, Sato dan juga Irianto tidak ada di sini karena saya memberi waktu libur bagi mereka," jelasnya.

Selain itu, Robi Darwis juga sudah tidak terlihat berlatih bersama tim Persib, menurut Bojan Hodak pemain asal Cianjur tersebut sudah dipinjamkan ke Dewa United dan Henhen Herdiana akan kembali ke tim.

"Robi pergi ke Dewa, kami menukar Henhen dan Robi. Karena mereka butuh pemain muda dan kami memerlukan bek kanan. Jadi kedua belah pihak senang," ungkap Bojan Hodak.

Sementara itu, sebelumnya Persib sudah mengumumkan mengembalikan Levy Madinda ke klub lamanya yakni Johor Darul Takzim, lantaran masa peminjamannya sudah berakhir.

Pengumuman tersebut, disampaikan manajemen Persib setelah pertandingan pekan ke-20 Kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Dewa United di Stadion Indomilk Arena, Tanggerang, Minggu (26/11/23) malam.

Pada pertandingan menghadapi Dewa United, Levy Madinda tampil sebagai starter dan ditarik keluar saat memasuki menit 89 untuk dinantikan oleh Achmad Jufriyanto. 

Levy Madinda sendiri sebelumnya didatangkan oleh Persib pada Juli 2023 lalu dari salah satu klub asal Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) dengan status pinjaman. 

Saat itu, gelandang yang menggunakan nomor punggung 15 ini didatangkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Tyronne del Pino, lantaran pemain asal Spanyol itu mengalami cedera dan menjalankan program pemulihan di negaranya.

Selama dipinjamkan ke Persib, Levy Madinda sering tampil sebagai starter dan total mendapatkan kesempatan bermain dalam 15 pertandingan di kompetisi Liga 1 2023-2024, dengan mengumpulkan 1.114 menit bermain.