Liga 1

Rumor Transfer Liga 1: Radja Nainggolan Selangkah Lagi Gabung Bhayangkara FC?

Rabu, 29 November 2023 14:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Radja Nainggolan saat membela Inter Milan, kini ia dikabarkan akan membela Bhayangkara FC di putaran kedua Liga 1 2023/2024. Copyright: © Getty Images
Radja Nainggolan saat membela Inter Milan, kini ia dikabarkan akan membela Bhayangkara FC di putaran kedua Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer Liga 1 masih hangat diperbincangkan meski jendela transfer sudah ditutup pada Selasa (28/11/23), benarkah Radja Nainggolan akan turun gunung?

Dengan kualitas Radja Nainggolan yang pernah membela Timnas Belgia, hingga klub besar seperti AS Roma dan Inter Milan, siapa sangka kini ia dikaitkan dengan Bhayangkara FC.

Namun, rumor ini bukanlah isapan jempol belaka. Ketika Radja Nainggolan datang ke Indonesia untuk mempromosikan Piala Dunia U-17 2023, kabarnya terjadi negosiasi dengan klub Liga 1.

Meski jendela transfer sudah ditutup, ada kemungkinan nama Radja Nainggolan sudah dimasukkan dalam pengajuan, hanya tinggal menunggu pengumuman resmi saja.

Kabar mengenai Radja Nainggolan yang berpotensi turun gunung ke Liga 1, salah satunya datang dari akun Twitter @Indostransfer.

"Radja Nainggolan (35/MF) bakal bermain di sisa Liga 1 musim ini? Mantan penggawa timnas Belgia tersebut dikabarkan bakal perkuat Bhayangkara FC," tulisnya.

"Radja Nainggolan terakhir membela klub Italia, SPAL (2nd tier) di putaran kedua musim 2022/23. Last minute deal?" tambahnya, yang langsung disukai oleh ratusan netizen.

"Masih ada beberapa klub Liga 1 yang belum mengumumkan pemain barunya, ditambah sistem list pemain di laman PT LIB belum latest update," tulis akun @Indostransfer.

Radja Nainggolan yang berstatus tanpa klub, tentu saja bisa didatangkan secara gratis, tim hanya perlu negosiasi gaji saja dengan eks pemain Inter Milan tersebut.

Sumber Uang Bhayangkara FC

Kabar kedatangan Radja Nainggolan ke klub Liga 1 Bhayangkara FC menuai pro-kontra di kalangan netizen. Banyak yang menilai eks pemain AS Roma itu sudah tak bisa bersaing.

Banyak pula yang menyindir Bhayangkara FC karena tidak memiliki basis suporter yang besar dan keuangan yang tidak transparan, sehingga sulit untuk membayangkan dari mana klub mendapatkan uang.

"Bhayangkara FC ini ibarat anak kepala sekolah, semua dilakuin demi anaknya gak dikeluarin dari sekolah," komentar dari akun Twitter @grizzly**.

"Misi penyelamatan tim ini emang ngeri, mulai dari narik Abah Gomez dll," kata @wahyuhi** menyebut pelatih asing anyar Bhayangkara FC yang sarat pengalaman, Mario Gomez.

"Siap menjadi footballer celebrity, main semusim dua musim, pensiun, nerima endorse dan jadi influencer, tiap weekend main bareng Selebritis FC. What a dream retirement," ujar @daiki**.

"Min, enggak mau bahas pasokan dana BFC darimana gitu? Sponsor? Pemasukan tiket? Biar masyarakat gak berpikir aneh-aneh. Mantap pisan aktifitas transfer paruh musimnya," sindir akun @Susanto**.

"Yakin nih cuma pake dana sponsor bisa nutup semua biaya pemain, plus kalo Radja Nainggolan direkrut?" timpal akun @tomnaibo**.

"Suporter kaga ada, tapi bisa gaji dan bayar pemain mahal. Klub lain udah dilarang pake APBD, kok Bhayangkara FC bisa jalan pake anggaran negara?" balas @repo**.

"Satgas anti mafia bola nggak mau mengusut tim ini ya? Duitnya kaya nggak berseri gitu. Eh maaf lupa, satgas kan juga anggota Bhayangkara ya," komentar sarkas dari akun @Heil**.

Saat ini Bhayangkara FC tertahan di dasar klasemen sementara Liga 1 2023/2024. Jika tidak segera berbenah, tim pun terancam degradasi ke Liga 2 musim depan.