Liga 1

Erick Thohir Sebut Transfer Radja Nainggolan Bukti Liga Indonesia Mulai Naik Kelas

Kamis, 30 November 2023 14:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Emilio Andreoli - Inter/Inter via Getty Images
Radja Nainggolan Copyright: © Emilio Andreoli - Inter/Inter via Getty Images
Radja Nainggolan

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif keputusan Radja Nainggolan memperkuat Bhayangkara FC di putaran kedua Liga 1 2023/24. Dia menilai, itu sebagai bukti perkembangan sepak bola nasional mulai diperhitungkan.

Terlibatnya Radja di Liga 1 akan membuat kualitas kompetisi makin meningkat. Eks Inter Milan itu juga bisa membagikan pengalaman dan membantu pemain muda berkembang.

"Saya apresiasi keputusan Radja Nainggolan. Kehadirannya di Liga 1 pastinya semakin membuat liga ini semakin baik,” ujar Erick Thohir.

Sejak awal memimpin PSSI, Erick Thohir bercita-cita menjadikan sepak bola sebagai industri. Dia juga ingin Liga Indonesia jadi yang terbaik di Asia Tenggara. 

Hadirnya Radja Nainggolan, jadi bukti bahwa pemain kelas dunia mulai tertarik dan melirik Liga 1. 

Selain Radja, ada juga eks pemain Juventus, Stefano Beltrame yang bergabung dengan Persib Bandung diputaran kedua Liga 1 2023.

“Seperti yang sudah berulang kali saya tekankan bahwa kita harus menjadikan Liga Indonesia adalah Liga terbaik di Asia Tenggara, yang dikelola secara profesional, tidak boleh ada pengaturan skor,” ujar Erick Thohir.

“Yang tak kalah penting, semua penonton dan suporter, harus pulang selamat sampai di rumah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Radja Nainggolan datang ke Indonesia atas undangan ketua umum PSSI Erick Thohir dalam rangka kampanye Piala Dunia U-17. Ternyata, dia kepincut untuk bermain di Liga 1.

Gayung pun bersambut, Bhayangkara FC secara resmi mengontrak mantan timnas Belgia, yang juga bintang Inter Milan dan AS Roma tersebut.

Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC Sumardji mengkonfirmasi telah menggaet gelandang 35 tahun itu. Radja dikontrak selama putaran kedua Liga 1 2023 atau hingga akhir musim.

"Ya betul (Radja Nainggolan bergabung ke Bhayangkara). (Negosiasi berjalan) Waktu dia di Indonesia,” jelasnya.

Radja Nainggolan memang didatangkan secara gratis karena sedang tanpa klub. Tapi, kabarnya dia akan mendapatkan bayaran yang cukup besar, apabila mampu membawa The Guardian lolos dari zona degradasi. 

Bhayangkara FC memang gila-gilaan dibursa transfer putaran kedua Liga 1 2033. The Guardian mendatangkan banyak pemain baru seperti Marcelo Herrera,Junior Brandao, Zulfahmi Arifin, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, Andik Rendika Rama dan George Blackwood (akan dilepas dan slotnya diganti Radja Nainggolan).