Liga Indonesia

Statistik Menarik Pasca Persela Menangi Derby Jatim Atas Deltras FC di Liga 2

Kamis, 30 November 2023 20:07 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Stadion Surajaya akan direnovasi sesuai standar FIFA, diantaranya kualitas lapangan, lampu hingga single seat di tribun. (Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT) Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Stadion Surajaya akan direnovasi sesuai standar FIFA, diantaranya kualitas lapangan, lampu hingga single seat di tribun. (Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persela Lamongan membuktikan komitmennya untuk melakukan aksi sapu bersih pada sisa laga kompetisi Liga 2 Grup 3 musim 2023/2024.

Kendati sudah tak berkepentingan apapun pasca lolos ke babak championship, namun tim berjulukan Laskar Joko Tingkir tetap tampil fight untuk mengejar 3 poin.

Persela memenangi Derby Jatim saat menjamu Deltras FC 1-0, melalui gol Rahel Radiansyah pada menit 55 di Stadion Gelora Surajaya Lamongan, Kamis (30/11/23).

Kemenangan yang jelas semakin mengukuhkan posisi puncak klasemen Grup 3. Persela makin berkibar dengan 25 poin, hasil 7 kali menang, 1 imbang dan 1 kalah.

"Sangat bersyukur, akhirnya kami memenangi laga yang sangat penting sore ini," ucap Pelatih Persela, Djajang Nurjaman dalam sesi post-match press conferrence.

"Ini membuktikan mereka (pemain) sangar profesional. Laga yang sudah tidak menentukan, tapi kami masih ingin menang," sambung eks Pelatih Persib Bandung itu.

Yang pasti, kemenangan atas Deltras FC akan selalu dikenang oleh segenap penggawa Persela. Pasalnya, itu menjadi laga perpisahan dengan Stadion Surajaya.

Ya, stadion kebanggaan masyarakat Kota Soto itu akan ditutup total untuk proses renovasi. Dimulai pada Desember ini dan berlangsung setahun ke depan.

"Memang kondisinya demikian. Tapi kami harus kembali fokus menyelesaikan kompetisi musim ini dan adaptasi lagi karena pindah stadion," papar Djajang Nurjaman.

Lebih dari itu, ada sejumlah statistik menarik yang terhampar pasca duel Derby Jatim itu. Berikut Indosport membeberkan statistik menarik tersebut.

Menang Beruntun

Persela Lamongan menjadi tim terbaik dalam hal performa di Liga 2 musim 2023/2024. Persela mencatat 6 kali kemenangan secara beruntun.

Kekalahan terakhir dan satu-satunya yang dialami Persela musim ini adalah saat dilumat Persekat Tegal 0-1 di Stadion Mochtar Pemalang (25/9/23) lalu.

Setelah itu, Tim Laskar Joko Tingkir tak terbendung. Dimulai saat megandaskan 2 rival di Derby Jatim, Gresik United 1-0 (1/10/23), Deltras FC 1-0 (10/10/23).

Persipa Pati kemudian disikat 3-2 (22/10/23), Persijap Jepara 0-0 (5/11/23), PSCS Cilacap 3-0 (13/11/23), Persekat Tegal (19/11/23) dan Deltras FC 1-0 (30/11/23).

Rekor Clean Sheet

Kemenangan 1-0 atas Deltras FC membuat Persela mencatat rekor sebagai tim paling banyak clean sheet alias tak kebobolan, selama 8 laga di Liga 2.

Sejatinya, rekor itu ternoda saat menjamu Deltras. Beruntung, Samuel Reimas mampu menepis tendangan penalti Rosalvo Junior pada menit 84.

Pertahanan Terbaik

Persela juga layak mendapatkan apresiasi sebagai tim dengan pertahanan terbaik. Pasalnya, gawang mereka baru kebobolan 4 kali sepanjang 10 laga.

Di satu sisi, lini serang mereka juga produktif dengan menjaringkan 14 gol. Predikat yang terbaik masih dipegang PSBS Biak dengan menjaringkan 19 gol.