In-depth

5 Pemain Termahal Liga 1 2023/24 Usai Kedatangan Radja Nainggolan

Sabtu, 2 Desember 2023 06:33 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Emilio Andreoli - Inter/Inter via Getty Images
Radja Nainggolan Copyright: © Emilio Andreoli - Inter/Inter via Getty Images
Radja Nainggolan

INDOSPORT.COM - Berikut daftar lima pemain termahal di kompetisi Liga 1 Indonesia 2023-2024, seusai Radja Nainggolan dilaporkan resmi bergabung ke Bhayangkara FC.

Sepak bola Indonesia baru saja diramaikan dengan kejutan yang dilakukan Bhyangkara FC. Mereka resmi mengumumkan perekrutan eks bintang Inter Milan dan AS Roma yakni Radja Nainggolan.

Kabar resminya Bhayangkara FC menggaet Radja Nainggolan diumumkan oleh Chiel Operating Officer (COO) klub berjulukan The Guardian yakni Sumardji.

“Ya, benar (Radja Nainggolan ke Bhayangkara FC),” ucap Sumardji ketika dikonfirmasi awak media redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (29/11/23) kemarin.

Sumardji pun mengatakan nantinya Radja Nainggolan akan dikontrak hingga akhir musim Liga 1 2023/24. 

“Kontraknya hingga akhir musim Liga 1,” ucap Sumardji menambahkan.

Radja Nainggolan digaet Bhayangkara FC secara gratis setelah dirinya berstatus tanpa klub. Terakhir kali, pemain berdarah Batak tersebut membela klub kasta kedua Italia, SPAL.

Sebelumnya, Radja Nainggolan tercatat juga sempat membela sejumlah klub besar Eropa, seperti Inter Milan dan AS Roma.

Ia belakangan sibuk berada di Indonesia. Dirinya membantu mempromosikan perhelatan Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia.

Hal ini dimanfaatkan oleh manajemen Bhayangkara FC untuk membajak pemain berusia 35 tahun tersebut agar mau kembali merumput.

Sumardji juga menambahkan, Radja Nainggolan justru sangat tertantang untuk bisa menyelamatkan Bhayangkara FC dari dasar klasemen Liga 1 2023-2024.

“Berkaitan dengan respons Radja sendiri, ketika pertama diajak bicara yang kita sampaikan yaitu kondisi riil Bhayangkara, dan Radja menyambut baik.”

“Ia bilang ‘Oh tidak masalah, justru saya ingin membantu Bhayangkara supaya bisa terlepas dari situasi sulit’,” tukas Sumardji.

Setelah bergabung ke Bhayangkara FC, banyak yang mengira kalau Radja Nainggolan akan menjadi pemain termahal di Liga 1 2023-2024.

Ternyata tidak, ada dua pemain yang harga pasarnya masih di atasnya untuk saat ini. Siapa saja mereka?

1. Dimitrios Kolovos (Dewa United)

Yang pertama ada pemain asing Dewa United yakni Dimitrios Kolovos. Gelandang Yunani ini memiliki nilai pasar sebesar Rp8,69 miliar.

Dewa United tertarik untuk merekrutnya karena, sang gelandang memiliki pengalaman sembilan laga bersama Timnas Yunani.

Dimitrios Kolovos juga pernah memperkuat beberapa klub Eropa seperti KV Mechelen (Belgia), Willem II (Belanda), hingga Omonia Nikosia (Siprus).

2. Gilbert Alvarez (Arema FC)

Selanjutnya ada pemain asing baru Arema FC yaitu Gilbert Alvarez. Ia digaet Singo Edan karena ingin mencari pengganti Gustavo Almeida yang memutuskan ke Persija Jakarta.

Gilbert Alvarez merupakan pemain jebolan Timnas Bolivia. Dilansir dari Transfermarkt, ia sudah membukukan 30 caps di tim nasional, dan berkontribusi mencetak 5 gol.

Riwayat transfer menyebutkan bahwa Gilbert Alvarez pernah dilirik oleh dua tim besar Liga Italia (Serie A), yakni AC Milan dan Lazio. Hal ini terjadi sekitar tahun 2009 silam.

Tidak berbeda dengan Dimitrios, Gilbert Alvarez memiliki harga pasaran sebesar Rp8,69 miliar.

3. Radja Nainggolan (Bhayangkara FC)

Radja Nainggolan sendiri memiliki nilai pasar 500 ribu euro atau setara Rp8,4 miliar menurut data Transfermarkt.

Hal itu membuat sang pemain harus menempati posisi ketiga dalam daftar pemain termahal Liga 1 2023-2024.

Harga pasar Radja Nainggolan sempat mencapai angka tertinggi pada 29 Desember 2017 lalu. Saat itu, dia dihargai Rp782,17 miliar oleh Transfermarkt.

4. Sonny Stevens (Dewa United)

Keempat ada kiper Dewa United bernama Sonny Stevens yang memiliki harga jual sebesar Rp7,82 miliar. Sonny Stevens lahir di Belanda, tepatnya di kota Hoord 31 tahun silam. 

Sonny Stevens tercatat pernah bermain di Belanda dan Yunani. Namun Dewa United adalah klub Asia pertama yang ia perkuat selama kariernya.

5. Marc Klok (Persib Bandung)

Terakhir ada gelandang andalan Timnas Indonesia dan Persib Bandung yakni Marc Klok. Pemain berusia 30 tahun ini memiliki harga pasar sebesar Rp7,82 dan membuatnya menempati posisi kelima.

Meski ada di urutan kelima secara umum, Marc Klok menempati posisi pertama sebagai pemain Indonesia termahal di Liga 1 2023-2024.