In-depth

4 Riwayat Cedera Horor Stefano Beltrame, Persib Bandung Awas Investasi Bodong

Minggu, 3 Desember 2023 13:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram @stefano_beltrame
Stefano Beltrame, rekrutan anyar Persib Bandung saat masih berseragam Juventus. (Foto: IG @stefano_beltrame) Copyright: © Instagram @stefano_beltrame
Stefano Beltrame, rekrutan anyar Persib Bandung saat masih berseragam Juventus. (Foto: IG @stefano_beltrame)

INDOSPORT.COM - Ada empat riwayat cedera berat yang pernah menimpa Stefano Beltrame, pemain asing rekrutan baru Persib Bandung di putaran kedua Liga 1 2023/2024.

Persib Bandung resmi datangkan Stefano Beltrame di bursa transfer Liga 1. Gelandang asal Italia itu besar di Juventus Primavera, dan sempat dipromosikan ke tim senior.

Sepanjang karirnya, Beltrame terikat kontrak dengan Juventus hingga tahun 2020. Namun, ia selalu dipinjamkan ke berbagai klub seperti Modena, Pro Vercelli, lalu GO Ahead Eagles.

Di level tim nasional, Stefano Beltrame juga sempat dipanggil untuk bemain pada Timnas Italia U-18, U-19, U-20, dan U-21. Ia mencetak 7 gol dari 20 laga saat berseragam Gli Azzurri.

Meski CV-nya terlihat bagus, tapi sebenarnya ada catatan minor Stefano Beltrame yang mungkin bisa membuat Persib Bandung menyesal, karena pemain ini punya banyak riwayat cedera.

Bukan hanya satu, Stefano Beltrame tercatat memiliki empat riwayat cedera yang tak biasa bagi kalangan atlet. Berikut rangkuman INDOSPORT untuk Anda.

1. Masalah Jantung

Stefano Beltrame memiliki riwayat masalah jantung saat masih berseragam Juventus. Mungkin alasan ini pula yang membuatnyanya tak kunjung mendapatkan menit bermain.

Masalah jantung ini juga membuat Stefano Beltrame absen dari lapangan hijau selama dua bulan dari lapangan hijau, sehingga ia tertinggal dari pemain lain di I Bianconeri.

Sebenarnya, masalah jantung juga pernah dialami oleh pesepak bola lainnya, salah satunya Sergio Aguero ketika ia membela Barcelona.

Kemudian, ada Christian Eriksen yang gagal jantung saat membela Denmark di Euro 2020, hingga eks Real Madrid Iker Casillas yang juga kena serangan jantung saat berlatih di FC Porto.

2. Patang Tulang Lengan Atas

Stefano Beltrame adalah seorang gelandang, bukan penjaga gawang. Anehnya, ia pernah mengalami cedera patah tulang lengan atas saat bermain untuk tim Portugal, CS Maritimo.

Cedera patah tulang lengan ini ia alami pada tahun 2021 lalu, sehingga Stefano Beltrame harus absen membela CS Maritimo selama dua bulan untuk fokus pada pemulihannya.

Biasanya untuk cedera ini, pemain bola akan absen beberapa pekan. Hal itu juga pernah dirasakan oleh Lionel Messi saat ia masih membela Barcelona, tahun 2018 silam.

3. Patah Tulang Selangka

Masih di tahun yang sama, dan di klub yang sama, Stefano Beltrame alami patah tulang selangka. Tulang ini terletak di atas tulang rusuk, membantang hingga ke tulang lengan atas.

Insiden patah tulang selangka akan sangat menyakitkan dan menyebabkan pergerakan pemain bola menjadi sangat terbatas, terutama di area lengan dan bahu.

Stefano Beltrame sendiri harus absen selama tiga bulan, sehingga kontribusinya di CS Maritimo benar-benar minim. Apakah ia bisa tampil lebih baik bersama Persib?

4. Cedera Tidak Diketahui

Dilansir dari laman Transfermarkt, saat masih membela CS Maritimo pad atahun 2022 lalu, Stefano Beltrame lagi-lagi terpapar cedera. Namun kali ini cederanya tidak diketahui.

Cedera ini memaksa Stefano Beltrame untuk menepi selama satu bulan, sebelum akhirnya kembali ke lapangan hijau. Namun, performa sang gelandang jauh dari kata memuaskan.

CS Maritimo akhirnya menyudahi kontrak Stefano Beltrame. Selama 3 tahun membela tim asal Portugal itu, Beltrame mencatatkan 43 caps dan hanya menyumbangkan 2 gol untuk tim.

Maka dari itu, banyak yang meragukan Stefano Beltrame saat didatangkan Persib Bandung pada bursa transfer Liga 1 2023/2024.