Piala Dunia

Keramahan Indonesia Bantu Jerman Kawinkan Gelar Piala Eropa & Piala Dunia U-17

Minggu, 3 Desember 2023 17:08 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Perancis saat memenangi duel melawan pemain Jerman dalam partai final Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (2/12/23). Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Perancis saat memenangi duel melawan pemain Jerman dalam partai final Piala Dunia U17 2023 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (2/12/23). Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Jerman U-17, Christian Wuck, mengatakan sangat bahagia bisa bawa timnya juara Piala Dunia U-17 2023. Capaiannya terasa spesial karena berhasil mengawinkan gelar dengan Piala Eropa U-17 2023.

Jerman keluar sebagai juara Piala Dunia U-17 2023 setelah mengalahkan Prancis U-17 di final lewat adu penalti (4-3). Kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Pertandingan semalam sempat membuat Christian Wuck panas dingin. Awalnya, Jerman sudah unggul 2-0, tapi kemudian Prancis menyamakan kedudukan,  bahkan unggul jumlah pemain karena pemain Jerman, W. M. Osawe dikartu merah pada menit ke-69.

"Kami berada dipihak yang di atas angin, dan jelas mendominasi pertandingan. Tapi kehilangan kesempatan meski sempat unggul 2-0 di babak kedua. Meski begitu kami puas di babak pertama, tapi di babak kedua ketika Prancis melakukan pergantian pemain, kami lebih banyak kehilangan (momen)," ucapnya.

Ada pun rahasia kesuksesan Jerman amankan trofi Piala Dunia U-17 untuk pertama kalinya adalah mental tangguh para pemain. Paris Brunner dan rekannya terus berlari sepanjang 90 menit, kendati kalah jumlah pemain dalam 20 menit terakhir.

"Kami cukup bermain dengan tenang, mentalitas bagus dan tidak pernah menyerah saat tertinggal hingga tendangan pinalti terakhir. Saya bahagia dengan hasil ini," kata Christian Wuck.

Hasil laga semalam adalah kali kedua Jerman U-17 berhasil menaklukkan Prancis di final. Sebelumnya, kedua tim bertemu di final Piala Eropa U-17 2023.

Pada Piala Eropa U-17, kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal. Lalu di babak adu penalti, Jerman berhasil unggul dengan skor 5-4.

Dengan demikian, Christian Wuck adalah pelatih pertama yang sukses mengawinkan dua gelar bergengsi untuk tim muda Panzer Jerman. 

"Saya rasa klub dan sepak bola Jerman harus memastikan performa mereka bisa berlanjut di liga utama, liga nasional. Apa yang dibutuhkan mereka adalah kepercayaan," tuturnya.

"Mereka butuh klub atau asosiasi yang bisa menerima kekurangan, dan mereka siap menunjukan karakter dan bakat mereka," tambah pelatih 50 tahun itu. 

Kemenangan ini dinilai jadi awal yang bagus bagi masa depan sepak bola Jerman. Tapi, Christian Wuck menyatakan hal itu butuh konsistensi dalam pembinaan para pemain muda selepas Piala Dunia U-17. 

"Sekali lagi bahwa kami berada dalam jalur tepat, sesuai rencana. Sayangnya asosiasi dan klub harus memastikan talenta muda ini juga memiliki waktu bermain. Tapi pelatihan saha rasa sudah sesuai dan kelebihan masing-masing pemain dan memberikan mereka menunjukkan performanya," jelasnya. 

Juara Piala Dunia U-17 2023 juga terasa spesial bagi Christian Wuck. Sebab, selama dua minggu di Indonesia, ia dibuat terkesima dengan keramahan masyarakat yang selalu mendukung Jerman U-17 selama di latihan maupun pertandingan.

"Saya mengucapkan terima kasih buat Indonesia dan masyarakat yang saya temui di sini. Kami melihat banyak wajah tersenyum kemana pun kami bertanding, Jakarta, Bandung, Solo. Sangat luar biasa selalu bertemu dengan wajah-wajah yang ramah," tuntasnya.