Liga 1

Pinjam Winger Persik Kediri, Madura United Ciptakan Reuni Kecil Persela

Selasa, 5 Desember 2023 20:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Persik Kediri pinjamkan pemainnya Riyatno Abiyoso ke Madura United untuk putaran kedua Liga 1. Copyright: © MO Persik Kediri
Persik Kediri pinjamkan pemainnya Riyatno Abiyoso ke Madura United untuk putaran kedua Liga 1.

INDOSPORT.COM - Madura United terus menambah kekuatannya untuk putaran kedua Liga 1 2023/2024 pasca keputusan melepas striker kebangsaan Brasil, Junior Brandao yang dipinjamkan ke Bhayangkara FC.

Eks striker Bali United dan Borneo FC, Lerby Eliandry menjadi rekrutan dalam bursa transfer periode kedua. Namun, aksinya akan tampak pada Februari 2024.

Sebagai upaya untuk menjaga produktivitas, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab lalu mendatangkan pemain bernaluri menyerang, posisi tepatnya winger.

Riyatno Abiyoso, kemudian terpilih untuk menambah daya serang Madura United. Pemain berusia 24 tahun itu dipinjam dari Tim Macan Putih selama putaran dua.

"Kami resmi mendatangkan pemain muda berpengalaman dari Persik Kediri," ucap Direktur Utama PT Polana Bola Madura Bersatu, Annisa Zhafarina.

"Abiyoso berusia 24 tahun, datang dari Persik Kediri dengan status pinjaman hingga akhir musim kompetisi Liga 1 2023/2024," sambung dia.

Gangguan cedera memang membuat kiprahnya semakin menipis musim ini. Abiyoso hanya tampil dalam 6 laga dan berpotensi tersingkir seiring kehadiran Irfan Bachdim.

Padahal, aksinya pada musim 2022/2023 sangat penting di lini serang Tim Macan Putih. Dia mencatat 4 gol dan 1 assist dalam skema Divaldo Alves.

Sedangkan di Madura United, keberadannya akan menambah daya serang dari sisi lapangan, selain Bayu Gatra, Malik Risaldi hingga Salim Tuharea.

"Kami berharap dia bisa menambah power Laskar Sape Kerrab untuk mengarungi putaran dua ini," pungkas putri presiden klub, Aqsanul Qosasi tersebut.

Reuni Persela

Di satu sisi, kehadiran Riyatno Abiyoso di Madura United sekaligus menciptakan reuni kecil. Yaitu dengan Malik Risaldi, yang sama-sama pernah di Persela Lamongan.

Keduanya sempat berkarir di tim berjulukan Laskar Joko Tingkir saat Liga 1 musim 2021/2022 lalu. Sayang, Persela harus terdegradasi ke Liga 2.

Namun, kontribusi mereka cukup baik. Abiyoso mencatat 4 gol dan 2 assist selama 30 laga, sedangkan Malik Risaldi membukukan 3 gol dan 1 assist dari 32 laga.

Abiyoso pun mengaku senang dengan kehadirannya di klub kebanggaan masyarakat pulau garam. Termasuk menyambut reuni kecilnya dengan Malik Risaldi.

"Saya sangat antusias bergabung di Madura United. Saya juga tidak sabar bermain dengan rekan-rekan setim," ungkap pemain kelahiran Purworejo, Jawa Tengah itu.

"Semoga kehadiran saya bisa berdampak positif agar Madura United melanjutkan tren bagus seperti di putaran pertama lalu," imbuh Abiyoso.

Abiyoso bersama kiper asal Brasil, Lucas Frigeri pun direncanakan segera menjalani debut Liga 1, saat Madura United menjamu Barito Putera (10/12/23) mendatang.