Liga 1

Barito Putera Jadi 'Tim Musafir', Anies Baswedan Janji Bangun Stadion Selevel JIS

Kamis, 7 Desember 2023 09:03 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Muhammad Nabil/Indosport.com
Anies Baswedan berjanji akan membangun Wasaka International Stadium untuk Barito Putera dan masyarakat Kalimantan Selatan. Copyright: © Muhammad Nabil/Indosport.com
Anies Baswedan berjanji akan membangun Wasaka International Stadium untuk Barito Putera dan masyarakat Kalimantan Selatan.

INDOSPORT.COM - Calon Presiden RI nomor urut 1, Anies Baswedan ingin membangun stadion standar internasional di Kalimantan Selatan, yang bisa digunakan Barito Putera.

Keinginan itu ia ungkapkan dalam agenda Desak Anies yang digelar di Wetland Square Banjarmasin, Selasa (5/12/23), yang dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai kalangan.

Pada agenda Desak Anies, sejumlah perwakilan melakukan dialog langsung dengan capres nomor urut 1 tersebut, menyampaikan uneg-unegnya dan mendengarkan solusi yang ditawarkan Anies.

Salah satu pemuda menyampaikan bahwa Barito Putera sudah beberapa musim terakhir jadi tim musafir, tidak pernah bermain di Kota Banjarmasin.

Maklum, Stadion 17 Mei Banjarmasin sedang mendapat renovasi, hanya saja anggarannya sempat terpotong karena pandemi Covid-19, sehingga sampai kini belum rampung.

Barito Putera untuk sementara berkandang di Stadion Demang Lehman, Martapura. Hanya saja stadion ini juga akan segera direnovasi, sehingga Laskar Antasari terusir kembali.

Ada kemungkinan Barito Putera akan bermain di Pulau Jawa untuk lanjutan putaran kedua Liga 1 2023/24, sehingga tidak akan ada lagi tontonan masyarakat Kalimantan Selatan.

Salah satu pemuda menyampaikan bahwa Anies telah berjanji membangun Stadion Mattoanging di Makassar, apakah masyarakat Kalimantan juga bisa mendapatkan hal yang sama.

Anies Baswedan menjawab bahwa ia siap membangun stadion berstandar internasional di Banjarmasin, yang bisa digunakan Barito Putera dan masyarakat lokal.

"Mari kita kembalikan Barito Putera untuk bisa kembali bermain di Banjarmasin," tegas Anies saat berdialog dengan masyarakat setempat.

Anies Bangun Wasaka International Stadium

Pada agenda Desak Anies di Banjarmasin, Anies Baswedan menuturkan bahwa stadion tidak hanya diperuntukkan bagi klub sepak bola saja, tapi seluruh elemen masyarakat.

Setelah sebelumnya sukses membangun Jakarta Internasional Stadium (JIS), Anies kini menginisiasi untuk membangun Wasaka International Stadium di Banjarmasin.

Wasaka adalah akronim dari Waja Sampai Kaputing, pepatah lokal yang berarti baja hingga ke ujung, bekerja keras sampai akhir. Wasaka menjadi tagline klub Liga 1 Barito Putera.

"Kita melawan semua orang-orang yang pesimis bahwa stadion itu bisa dibangun. Dan sekarang justru jadi salah satu stadion terbaik di dunia, itu ada di Jakarta," ungkap Anies.

"Namanya nanti adalah Wasaka Internasional Stadium. Jadi, tak perlu lagi tim Barito Putera main di luar daerah, seperti saat ini infonya sudah lima musim selalu di luar Banjarmasin."
 
Rencana pembangunan stadion tidak hanya di Banjarmasin saja. Anies mengaku jika terpilih menjadi presiden RI, ia akan membangun stadion di 10 kota lainnya di Indonesia.

"Insya Allah kita catat, Wasaka International Stadium. Lalu begini, kami berencana bukan hanya di Banjarmasin, Insya Allah ada sekitar 10 kota yang nanti akan kita bangun juga."

"Itu diumumkannya nanti, jangan sekarang. Satu per-satu aja pengumumannya," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Anies Baswedan dikenal dekat dengan dunia olahraga. Ia beberapa kali terlihat menonton langsung pertandingan Timnas Indonesia atau Persija Jakarta, saat ia masih menjabat di DKI.

Anies juga meresmikan Jakarta Internasional Stadium, salah satu stadion yang dipakai untuk menggelar Piala Dunia U-17 2023.