Liga 1

Persib Kolaborasi dengan Band DT09 Rilis 2 Merchandise Edisi Sepesial

Jumat, 8 Desember 2023 15:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib meluncurkan kolaborasi dengan band asal Kota Bandung, DT09, Kamis (07/12/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib meluncurkan kolaborasi dengan band asal Kota Bandung, DT09, Kamis (07/12/23). (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persib Bandung konsisten untuk berkolaborasi dengan komunitas lintas industri seperti musik dan fesyen melalui program KolaboraSIB, kali ini mereka kolaborasi dengan band punk asal Bandung, DT09.

DT09 sendiri merupakan band yang mengusung genre punk yang terbentuk sejak tahun 2005 dengan personel yang terdiri dari Rian (vocal), Marday (gitar), Syami (gitar), Dotro (bass) dan Tio (drum).

Rilis KolaboraSIB Persib dengan DT09 ini berlangsung di Sulanjana Center, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (07/12/23), 

Melalui kolaborasi ini, Persib mendukung DT09 yang akan melakukan Japan Tour dengan merilis dua desain merchanidse edisi spesial, yaitu "Persib x DT09: Japan Tour" dan "Kebanggaan Bandung: Persib dari Masa ke Masa". 

Desain merchandise Persib x DT09: Japan Tour sendiri bergambar personel DT09 dan bertuliskan huruf kanji di bagian depan serta dibelakang terdapat logo Persib, untuk t-shirt ini hanya diproduksi sebanyak 500 potong.

Sedangkan untuk desain merchandise kedua Kebanggaan Bandung: Persib dari Masa ke Masa, menampilkan foto masa kejayaan tim Persib Bandung dari masa-masa. Bahkan salah satu diantaranya terdapat foto hasil karya dari fotografer INDOSPORT, Herry Ibrahim yang diproduksi sebanyak 1000 potong.

Merchanidse edisi spesial hasil kolaborasi Persib Bandung dengan DT09 ini diproduksi terbatas, selain sudah bisa didapatkan di Persib official store dan E-commerce mulai hari ini, Kamis (07/12/23).

Sementara itu, Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono turut hadir secara langsung pada acara peluncuran KolaboraSIB tersebut. 

Kehadiran Teddy pada acara peluncuran kolaborasi tersebut, sebagai bentuk untuk dukungan kepada DT09 yang akan melakukan tur ke Jepang tersebut pada akhir tahun ini dalam acara Baraya Viking Japan (BVJ).

"Ini adalah bentuk dukungan PERSIB terhadap karya Bobotohnya yang berkiprah di jalur musik. Kami harap kolaborasi ini dapat menciptakan atmosfer positif bagi Persib dan pendukungnya," kata Teddy.

Peran Bobotoh

Lebih lanjut Teddy menuturkan, peran Bobotoh sangat penting bagi tim, sehingga menurutnya antara Persib dan Bobotoh merupakan bagian tak terpisahkan. Karena itu, katanya, kolaborasi ini dibutuhkan untuk menciptakan suasana kondusif. 

"Kami berupaya agar KolaboraSIB ini bisa berjalan secara konsisten dengan melibatkan industri di luar sepakbola. Karena nyatanya aksi saling mendukung antara Persib dan Bobotoh itu memiliki manfaat yang besar, tambah Teddy.

Sebelum dengan DT09, program KolaboraSIB ini juga telah menggandeng beberapa grup band lain, diantaranya Teenage Death Star, KOIL bahkan band beraliran Polish-British Oi! dari Inggris Booze & Glory.

Selain itu, Teddy juga memastikan jika progam KolaboraSIB ini akan terus berlanjut dengan komunitas lintas industri seperti musik dan fesyen, meski begitu dia belum memberikan bocoran mengenai rencana kolaborasi selanjutnya.

"Karena KolaboraSIB ini bukan yang pertama, jadi akan terus dilanjutkan. Jadi tunggu saja kolaborasi kita selanjutnya," ucapnya.

Gitaris DT09, Syami, senang dengan terjalinnya kolaborasi DT09 dengan Persib, menurutnya ini menjadi salah satu apresiasi dari Persib terhadap bandnya. 

Selain itu, pada tahun 2009 lalu, menurutnya DT09 telah merilis sebuah lagu berjudul Kebanggaan Bandung, dimana lagu tersebut mengungkapkan rasa cinta dan dukungan Bobotoh kepada Persib.

"Senang dan juga bangga. Ini apresiasi untuk kami, Bobotoh Persib yang berkarya di bidang musik. Terima kasih atas dukungan Persib dalam tur yang akan kami jalani di Jepang. Semoga dengan adanya KolaboraSIB ini menjadi hal positif yang menyebar ke Bobotoh lainnya," harapnya.

Manajer DT09, Raezha Putra, berharap KolaboraSIB ini bisa terus berlanjut dan dia juga ingin Persib membuat acara dengan menggandeng berbagai komunitas lintas industri seperti musik dan fesyen. 

"Kita berharap bisa terus berlanjut, seperti membuat event musik, karena banyak band Bandung yang memiliki lagu Persib," harapnya.