In-depth

Profil Santos FC, Klub Legendaris Pele Degradasi Sejak 111 Tahun

Jumat, 8 Desember 2023 16:32 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© santosfc.com
Bendera klub Santos FC Copyright: © santosfc.com
Bendera klub Santos FC

INDOSPORT.COM - Berikut profil klub raksasa Brasil, Santos FC yang baru saja mencatatkan sejarah kelam seusai mengalami degrdasasi dari Serie A Brasil atau kasta tertinggi negara Selecao.

Di Serie A Brasil musim 2023-2024, Santos FC harus terjebak di papan bawah. Mereka mengakhiri musim dengan finis di posisi ke-17 klasemen dengan torehan 43 poin dari 38 laga.

Santos FC tercatat menelan 17 kekalahan pada musim 2023 dan hanya mendulang 11 kemenangan serta 10 lali seri. Bersama klub bernama Goias, Coritiba dan America-MG mereka akhirnya harus degradasi ke Serie B.

Klub berjulukan O Peixe tersebut merasakan degradasi setelah 111 tahun berlaga di kasta tertinggi Liga Brasil. Kini hanya tersisa Sao Paulo dan Flamengo yang belum pernah turun kasta.

Nasib buruk mereka pecah setelah kekalahan 1-2 dari Fortaleza di kandang sendiri pada Kamis (07\11\23) kemarin. Hal ini membuat suporter ngamuk hingga membakar tiga bus dan sejumlah mobil dekat stadion.

Santos FC berdiri pada 14 April 1912 silam. Klub ini sudah melahirkan sejumlah bintang Timnas Brasil dari Pele, Rodrygo, Countinho hingga Neymar.

Klub Santos FC terbentuk atas rasa ketidakpuasan para siswa Instituto Presbiteriano Mackenzie, yang kecewa atas pembubaran klub Atlético Internacional dan pindahnya klub Americano ke kota São Paulo pada 1910 silam.

Sejumlah pelajar dan pegiat olahraga macam Raymundo Marques Francisco, Mário Ferraz de Campos dan Argemiro de Souza Junior pun melakukan pertemuan di jalan Rosario No.18, guna membuat sebuah tim sepak bola baru.

Selama 14 jam melakukan perundingan, beberapa nama unik sempat tercetus untuk tim sepak bola baru ini mulai dari Futfrica Futebol Clube, Associaçao Esportiva Brasil, dan Concórdia Futebol Clube, namun akhirnya nama Santos Futebol Clube dipilih dan bertahan hingga saat ini.

Menariknya, terbentuknya Santos FC terjadi beberapa jam sebelum kapal RMS Titanic tenggelam di Samudera Atlantik, sehingga ada sebuah ungkapan yang menyebut "Satu Raksasa tenggelam ke laut, dan pada hari yang sama Satu Raksasa lahir".

Ungkapan satu raksasa lahir tampaknya tak berlebihan, sebab sejak pertama kali terbentuk Santos FC belum pernah terdegradasi dan membuatnya masuk kedalam anggota Clube dos 13 bersama beberapa tim besar lain seperti Atletico Mineiro, Corinthians dan Internacional.

Sejak terbentuk pada 14 April 1912 lalu, Santos tercatat telah memenangi 22 gelar juara Campeonato Paulista, satu Copa do Brasil, dan rekor delapan gelar juara di Brasil Serie A Championship.

Tak cuma di brasil, beberapa gelar prestisius level Internasional juga berhasil diciptakan Santos FC diantaranya tiga trofi Copa Libertadores (Liga Champions benua Amerika Selatan), satu Piala Conmebol, satu Recopa Sudamericana, dua Piala Intercontinental, dan satu Piala Super Intercontinetal.