Liga 1

Putra Legenda Niac Mitra Jadi Pelatih Sementara Persis Solo Gantikan Leo Medina

Selasa, 12 Desember 2023 19:02 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Leonardo Medina Arellano akhirnya lengser dari jabatan sebagai pelatih kepala Persis Solo di Liga 1 2023-2024. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Leonardo Medina Arellano akhirnya lengser dari jabatan sebagai pelatih kepala Persis Solo di Liga 1 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Leonardo Medina Arellano akhirnya lengser dari jabatan sebagai pelatih kepala Persis Solo di Liga 1 2023-2024. Posisi Medina digantikan Tithan Wulung Suryata yang tak lain merupakan putra legenda Niac Mitra, Yudi Suryata.

Leonardo Medina benar-benar membuat suporter Persis Solo hilang kesabaran setelah dipermalukan Arema FC 1-3 di Gianyar. Kekalahan itu terbilang memalukan karena tiga gol Arema FC terjadi karena kesalahan pemainnya sendiri.

Kekalahan itu juga membuat Persis Solo satu langkah lebih dekat dengan zona degradasi. Kini, Persis Solo ada di peringkat ke-15 dengan 24 poin. Persis Solo hanya selisih tiga poin saja dengan Arema FC.

Leonardo Medina pun resmi lengser dari jabatan sebagai pelatih pada Selasa (12/12/23). Persis Solo mengumumkan perombakan staf kepelatihan pada H-1 pertandingan tunda pekan ke-18 Liga 1 melawan Persebaya Surabaya.

Dalam rilis singkat dua paragraf tersebut, Persis Solo memastikan evaluasi tim pelatih telah dilakukan. Persis Solo menunjuk Tithan Suryata yang sebelumnya menjabat asisten pelatih sebagai pelatih kepala sementara.

"Keputusan tersebut diambil, berdasarkan evaluasi kinerja dan catatan performa klub dalam beberapa laga terakhir," tulis Persis Solo dalam keterangan resminya.

Tithan Suryata akan menjabat sebagai pelatih kepala, setidaknya dalam dua laga terdekat melawan Persebaya, Rabu (13/12/23) dan Dewa United pada Minggu (17/12/23).

Status ini membuat Tithan Suryata mengikuti jejak sang ayah yang pernah menjadi pelatih Persis Solo pada 2017 lalu. Kala itu, Yudi Suryata menjabat posisi pelatih Persis Solo dalam waktu yang relatif singkat.

Sementara untuk pelatih kepala hingga akhir musim, Persis Solo belum membuat pengumuman resmi. Setelah partai melawan Dewa United, kompetisi Liga 1 akan memasuki jeda hingga Februari mendatang.

"Klub akan mendukung penuh dan menaruh kepercayaan kepada Tithan Wulung Suryata sebagai caretaker, dan berharap semua elemen bisa bersinergi untuk memberikan dukungan terbaik kepada klub pada momen transisi ini," lanjut statemen resmi Persis Solo.

Rumor Jadi Dirtek

Persis Solo tak menjelaskan status baru dari Leonardo Medina ataupun sang asisten asal Spanyol, Josep Maria Ferre. Kedua nama tersebut masih memiliki ikatan kontrak dengan Persis Solo.

Namun, beredar kabar bahwa Leonardo Medina masih akan jadi bagian dari Persis Solo. Sepeninggal Jacksen Tiago yang kontraknya habis, Persis Solo tak memiliki direktur teknis.

Persis Solo juga telah melepas Edwin Klok yang sebelumnya menjabat sebagai direktur olahraga.  Persis Solo hanya berharap proses transisi ini berjalan dengan baik.

"Semoga keputusan ini bisa segera mengembalikan PERSIS pada jalur kejayaan," tutup statemen resmi Persis Solo.

Leonardo Medina menambah daftar korban pelatih kepala di Liga 1 2023-2024. Sebelum ini, sudah ada deretan nama yang dipecat klubnya.

Paling dekat adalah Josep Gombau dan Marian Mihail. Josep sudah resmi dilepas Persebaya Surabaya. Sementara Marian Mihail mengundurkan diri dari PSS Sleman dan digantikan Risto Vidakovic.

Ada rumor Josep Gombau masuk dalam kandidat pelatih Persis Solo bersama Alfredo Vera. Sosok asal Argentina ini dipecat Persita Tangerang pada putaran kedua karena prestasi tim anjlok di Liga 1 2022-2023 lalu.