Liga 1

Perpisahan Termanis, Bagus Kahfi Cetak Gol Perdana untuk Barito Putera di Liga 1

Senin, 18 Desember 2023 13:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© MO Arema FC
Barito Putera vs Arema FC, Bagus Kahfi cetak gol perdana di Liga 1. Copyright: © MO Arema FC
Barito Putera vs Arema FC, Bagus Kahfi cetak gol perdana di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Barito Putera sukses menggasak Arema FC di laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Minggu (17/12/23) malam. Bagus Kahfi mencetak gol tunggal di laga perpisahan.

Sejak awal Barito Putera memang tidak bisa menurunkan pemain andalannya, Renan Alves dapat sanksi kartu merah, Bagas Kaffa juga akumulasi, dan Murilo Mendes under perform.

Harus diakui, Laskar Antasari digempur habis di 30 menit awal. Tercatat, tak kurang dari lima kesempatan emas yang diukir Arema FC. Beruntung gawang Ega Rizky masih aman.

Barulah di menit 40, Barito Putera keluar untuk menyerang. Sejumlah peluang dihasilkan, tetapi masih belum tepat sasaran.

Usai jeda, Laskar Antasari semakin beringas. Hingga akhirnya akselerasi Bagus Kahfi yang menerima bola dari Devid Silva, dituntaskan dengan tendangan melengkung ke gawang Arema.

Unggul 1-0 tak membuat Barito kendor. Tim berjuluk Laskar Antasari saling menggempur dengan skuat Singo Edan, tetapi tak ada gol tambahan yang tercipta hingga menit akhir.

Wasit Nendi Rohaendi dari Jawa Barat pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, tiga angka menjadi milik tim Banua.

Kemenangan ini membawa Barito Putera naik satu tangga ke posisi 8 klasemen sementara Liga 1, dan sekaligus mengakhiri paceklik setelah tiga laga tanpa kemenangan.

Bagus Kahfi juga pecah telur mencetak gol perdana di Liga 1, setelah sempat diremehkan lantaran kesulitan bersaing di liga Eropa, saat membela FC Utrecht dan Asteras Tripolis FC.

Torehan gol Bagus Kahfi menjadi perpisahan termanis Barito Putera dengan penggemar di Kalimantan Selatan, karena tim akan pindah homebase saat Stadion Demang Lehman direnovasi.

Komentar Bagus Kahfi

Dalam cuplikan pertandingan Barito Putera vs Arema FC, Bagus Kahfi menjadi sorotan saat mencetak gol ke gawang Arema FC. Ia pun berlari ke tribun dan menghampiri Bagas Kaffa.

"Gol pertama selalu spesial. Saya berterima kasih kepada coach RD (Rahmad Darmawan) karena sudah memberi kepercayaan kepada saya," ucap Bagus Kahfi usai pertandingan.

Bagus Kahfi dianggap sebagai juru selamat dengan golnya, setelah Barito tidak pernah menang di tiga laga. Namun, ia enggan jika dianggap sebagai pahlawan kemenangan.

"Saya bukan pahlawan, kemenangan berkat kerja keras kita semua. Kita sama-sama punya keinginan untuk menang," tegas Bagus Kahfi.

Diakui, Barito Putera lambat panas ketika menghadapi Arema FC yang secara statistik berada di bawah. Pelatih Rahmad Darmawan memberikan catatan kepada anak asuhnya.

"Ada beberapa momen di mana pemain terlihat panik. Beberapa pemain yang lama tidak bermain, kita beri kesempatan lagi. Bagi mereka, butuh adaptasi dengan suasana."

Meski begitu, Rahmad Darmawan juga tetap memuji anak asuhnya yang tetap fokus dan tidak melakukan hal-hal yang tidak penting sepanjang laga.

"Kondisi para pemain ini, harus tetap terjaga di laga berikutnya. Kalau (emosi) pemain tidak terkontrol, sama sekali tak banyak membantu untuk memenangkan pertandingan," tegas RD.

Setelah ini, Barito Putera akan libur panjang karena PSSI telah mengatur jadwal agar Liga 1 diliburkan selama gelaran Piala Asia 2023.

Saat kembali nanti, Barito kabarnya akan bermarkas di Pulau Jawa, karena Stadion Demang Lehman direnovasi, sedangkan Stadion 17 Mei juga belum selesai direhab.