Liga 1

Persik Kediri Catatkan 3 Fakta Penting meski Gagal Menangi Laga Penutup Tahun

Selasa, 19 Desember 2023 10:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MO Persik Kediri
Laga Persik vs PSM harus tertunda selama 1,5 di Stadion Brawijaya (Kediri), Senin (18/12/23). Foto: MO Persik Kediri. Copyright: © MO Persik Kediri
Laga Persik vs PSM harus tertunda selama 1,5 di Stadion Brawijaya (Kediri), Senin (18/12/23). Foto: MO Persik Kediri.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri memang gagal mewujudkan targetnya untuk menutup laga akhir tahun dengan poin penuh saat menjamu PSM Makassar di Liga 1, Senin (18/12/23).

Tim berjuluk Macan Putih itu harus puas berbagi satu angka dengan tamunya, setelah laga berakhir imbang 1-1 di Stadion Brawijaya Kediri.

Persik bahkan harus melalui perjuangan dramatis sebelum memetik 1 angka di hadapan suporternya. Kepastian itu baru diperoleh pada menit-menit akhir.

"Apresiasi kepada semua pemain yang telah bekerja keras. Pertandingan yang sulit sebagaimana prediksi saya," tutur Marcelo Rospide saat post-match press conference.

"Pertandingan berjalan seru. PSM adala tim bagus dan dengan hasil imbang ini, mereka tak terkalahkan selama 8 laga (5 laga di Liga 1 dan 3 AFC Cup)," sambung dia.

PSM unggul lebih dulu pada menit 87 melalui gol heading Yuran Fernandes. Namun, pengesahan gol itu justru memicu kericuhan hingga laga ditunda.

Setelah 1,5 jam tertunda, laga lalu dilanjutkan. Jeam Kelly Sroyer lantas menghindarkan Persik dari kekalahan dari golnya pada menit 92, skor berubah imbang 1-1.

"Kelly pemain yang bagus. Saya percaya dengan dia. Terima kasih golnya sangat penting bagi tim kami," ungkap pelatih Persik asal Brasil tersebut.

"Terima kasih untuk suporter yang setia menunggu pertandingan sampai selesai. Maaf juga kepada suporter karena kami hanya meraih satu poin," tambah Kelly.

Kendati gagal memenangi laga penutup tahun, namun Persik tetap antusias dengan hasil seri ini. Lantas, apa saja fakta penting yang ditorehkan Persik Kediri?

Tak Terkalahkan

Persik Kediri memang tak memenangkan laga. Tapi, setidaknya Tim Macan Putih melanjutkan tren tak terkalahkan hingga 5 laga saat ini.

Terakhir kali, Rohit Chand dkk menelan kekalahan saat dilumat 0-3 oleh Borneo FC (2/11/23) lalu. Tapi setelah itu, Persik meraih 3 kemenangan plus 2 hasil seri.

Periode itu dimulai saat mengalahkan Madura United 4-0, Arema FC 1-0 dan Persib Bandung 2-0, serta imbang 0-0 kontra Dewa United dan PSM Makassar 1-1.

2 Playmaker Tampil

Untuk pertama kalinya, Persik menampilkan 2 pemain bertipikal playmaker sejajar di lini tengah. Keduanya yaitu Renan Silva dan Ze Valente.

Sebelumnya, dua pemain ini selalu tampil bergantian. Renan biasanua digeser ke winger jika Ze masuk lapangan mengisi posisi playmaker.

2 Kali Tertunda

Hasil imbang 1-1 dengan PSM Makassar berlangsung dengan total 3 jam 30 menit, akibat tertundanya laga selama 1,5 jam pada menit 87.

Situasi ini sudah dua kali terjadi, selain ketika Persik mengalahkan Persebaya Surabaya 4-0 (27/10/23) lalu. Ketika itu, laga terhenti beberapa menit jelang turun minum.

Penyebabnya pun sama, karena tidak tegasnya wasit dalam mengambil keputusan. Zetman Pangaribuan yang awalnya mengesahkan gol Persik, lalu membatalkannya saat diprotes pemain Persebaya.