x

7 Agen Sepakbola Terkaya di Dunia

Jumat, 25 September 2015 09:49 WIB
Editor: Ramadhan

Peran agen pesepakbola menjadi sangat vital dan menonjol bagi keberlangsungan karir sang pemain. Agen menjadi orang di balik terciptanya nilai transfer yang fantastis dari satu klub ke klub lainnya.

Seperti yang baru saja dirilis majalah ekonomi Forbes soal agen olahraga terkaya di dunia, nama Jorge Mendes berada di urutan kedua sebagai agen terkaya di dunia. Mendes berada di bawah agen pemain Major League Baseball, Scott Boras yang menempati posisi pertama.

Namun, kiprah Mendes di dunia sepakbola tak bisa dikesampingkan. Agen Cristiano Ronaldo ini handal dalam menjalankan bisnis di bursa transfer pesepakbola. Mendes pun masih menjadi agen sepakbola terkaya di dunia.

Siapa saja agen-agen sepakbola terkaya lainnya setelah Mendes. Berikut INDOSPORT merangkum 7 agen sepakbola terkaya di dunia.


1. Thomas Kroth

Agency: Pro Profil
Klien: Manuel Neuer, Aleksander Dragovic, Shinji Kagawa, Sebastian Rode, Jose Holebas.
Kontrak senilai: 146 Juta Poundsterling
Komisi (pembayaran untuk negosiasi yang tuntas): 14,7 Juta Poundsterling

Kroth pernah bermain sebagai seorang gelandang pada zamannya. Kroth akhirnya menikmati karir yang jauh lebih sukses sebagai agen sejak gantung sepatu pada tahun 1991. Kroth memiliki klien top seperti kipper Bayern Muenchen, Manuel Neuer dan gelandang Borussia Dortmund, Shinji Kagawa.


2. Fernando Felicevich

Agency: Fernando Felicevich
Klien: Alexis Sanchez, Arturo Vidal, Claudio Bravo, Gary Medel
Kontrak senilai: 148 Juta Poundsterling
Komisi: 15 Juta Poundsterling

Felicevich telah menjadi salah satu agen yang paling beruntung apalagi setelah menikmati momen paling krusial 12 bulan setelah Piala Dunia 2014 Brasil.

Keberhasilan Chile di turnamen Copa America 2015, membuat Felicevich yang memiliki klien sejumlah pemain timnas Chile kebanjiran tawaran besar, salah satunya Alexis Sanchez yang hijrah dari Barcelona ke Arsenal.


3. Mino Raiola

Agency: Mino Raoila
Klien: Paul Pogba, Henrikh Mkitarhyan, Blaise Matuidi, Zlatan Ibrahimovic, Maxwell, Romelu Lukaku, Mario Balotelli
Kontrak senilai: 186 Juta Poundsterling
Komisi: 18,7 Juta Poundsterling

Sir Alex Ferguson boleh saja menyalahkan Raiola setelah kepergian Paul Pogba dari Manchester United ke Juventus. Namun, Raiola menjadi sosok agen handal dalam negosiasi dan juga sosok yang dihormati di antara rekan-rekannya dalam beberapa tahun terakhir.


4. Jose Otin

Agency: Bahia Internacional
Klien: Vitolo, Fernando Torres, Javi Martinez, Jesus Navas, Pedro, Raul Garcia, Nacho Monreal
Kontrak senilai: 191 Juta Poundsterling
Komisi: 19,2 Juta Poundsterling

Otin telah melebarkan jalannya di seluruh Eropa, menuai hasil dari proses negosiasi untuk beberapa bintang terbesar lintas 5 liga top dari satu negara ke negara lain. Agen dari Bahia Internacional ini kerap menjadi agen agen eksklusif dengan pemain Spanyol.


5. Volker Struth

Agency: SportsTotal
Klien: Marco Reus, Mario Gotze, Toni Kroos, Benedikt Howedes, Sidney Sam, Omer Toprak, Gonzalo Castro, Josip Drmic.
Kontrak senilai: 278 Juta Poundsterling
Komisi: 27,8 Juta Poundsterling

Agen SportsTotal ini adalah sosok agen yang paling kuat di sepakbola Jerman, dengan beberapa nama besar berhasil ditangani Struth saat ini di pentas Bundesliga. Mario Gotze adalah salah satu nama top yang pernah ditangani Struth.


6. Jonathan Barnett

Agency: Grup Stellar
Klien: Gareth Bale, Joe Hart, Wojciech Szczesny, Scott Sinclair, Luke Shaw, Rafael, Glen Johnson, Phil Jagielka, Adam Lallana, Ashley Cole, Sylvain Distin, Patrick Roberts, Richard Wright
Kontrak senilai: 287 Juta Poundsterling
Komisi: 28,8 Juta Poundsterling

Barnett menjadi agen yang sukses menangani kepindahan Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid dengan banderol 86 Juta Poundsterling pada tahun 2013.

Barnett juga memainkan peran penting dalam negosiasi Luke Shaw yang pindah dari Southampton ke Manchester United dengan harga 27 Juta Poundsterling.


7. Jorge Mendes

Agency: Gestifute Internasional
Klien: Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, Eliaquim Mangala, Pepe, Ricardo Carvalho, Fabio Coentrao, Diego Costa, Thiago Silva, Tiago, Radamel Falcao, Angel di Maria, David de Gea, Jose Mourinho.
Kontrak senilai: 626,3 Juta Poundsterling
Komisi: 62,8 Juta Poundsterling

Mendes adalah master dari agen sepakbola. Mendes berhasil mencapai negosiasi lebih dari 625 Juta Poundsterling dalam kontrak pemain, termasuk kesepakatan 135 Juta Poundsterling dengan Cristiano Ronaldo di Real Madrid.

Ronaldo memberikan dukungannya kepada sang agen yang baru saja menikah. Ronaldo membelikan Mendez sebuah pulau Yunani sebagai hadiah pernikahan.

Sir Alex Ferguson menulis dalam buku otobiografinya Leading: ‘Ada beberapa agen yang layak, tetapi anda tidak perlu menunjuk semua jari untuk menghitung mereka. Jorge Mendes adalah salah satunya.’

Cristiano RonaldoGareth BalePaul PogbaMarco ReusJorge MendesMino RaiolaVolker StruthJonathan BarnettFernando FelicevichJose Otin

Berita Terkini