x

5 Pesepakbola yang Layak Gantikan Countiho di Liverpool

Senin, 31 Juli 2017 16:49 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pemain anyar yang layak gantikan Philippe Coutinho di Liverpool.

Bursa transfer musim panas ini belakangan ramai membicarakan isu hengkangnya salah satu pemain bintang Barcelona, Neymar ke Prancis. Adalah klub Paris Saint-Germain yang dikabarkan telah siap menggelontorkan banyak dana dengan mengaktifkan klausul pembelian sang pemain mencapai 222 juta euro atau Rp3,4 triliun.

Kabar tersebut pun semakin berembus kencang setelah banyak pemberitaan yang memperkuat sang pemain akan segera hengkang. Jika Neymar benar-benar pindah ke Prancis, pihak Barcelona pun harus segera mencari pengganti yang sepadan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pria berusia 25 tahun tersebut.

Bintang Barcelona, Neymar diincar klub Paris Saint-Germain.

Media pun mulai ramai-ramai memberitakan bahwa salah satu penggawa Liverpool, Philippe Coutinho disebut-sebut menjadi sosok yang pantas untuk mengambil alih tugas milik Neymar di Camp Nou. Pihak Blaugrana pun dilaporkan telah menunjukkan ketertarikan pada diri Coutinho.

Namun sayangnya, pelatih Jurgen Klopp masih tidak ingin melepas pemainnya itu. Ia pun dikabarkan menyematkan harga yang besar pada diri Coutinho, yakni sekitar 134 juta pounds atau Rp2,3 triliun.

Keinginan kuat untuk mendapatkan tanda tangan sang pemain pun tidak membuat pihak Blaugrana menyerah begitu saja. Berbagai cara pun dilakukan demi memboyong sang pemain, seperti menawarkan Ivan Rakitic sebagai opsi tukar.

Philippe Coutinho, bintang Liverpool.

Jika nantinya pihak The Reds benar-benar melepas pemainnya ke klub asal La Liga Spanyol tersebut, tentu menjadi pekerjaan yang berat bagi Klopp untuk bisa mencari pengganti yang sesuai dengan performa apik yang ditunjukkan Coutinho selama berseragam merah.

Selama empat tahun membela Liverpool, pesepakbola berusia 25 tahun itu telah mencatatkan 42 gol dan 37 assists dari total 181 laga pertandingan. Berbagai gelar individu pun ia raih, seperti Player of the Year pada musim 2014/15 dan 2015/16.

Baca Juga

Melihat hal itu, INDOSPORT akan merangkum siapa saja pemain yang dikatakan layak untuk menggantikan posisi Philippe Coutinho jika benar-benar hengkang dari Anfield Stadium.


1. Emil Forsberg

Emil Forsberg.

Jika sebelumnya Liverpool dikabarkan ingin memboyong salah satu pemain RB Leipzig, yaitu Naby Keita, nama Emil Forsberg dikatakan lebih pantas untuk menggantikan posisi Philippe Coutinho di Liverpool.

Sebagaimana diberitakan Sportskeeda (30/07/17), pemain berposisi sayap itu telah menunjukkan berbagai penampilan yang menakjubkan. Keterampilannya dalam mengolah si kulit bundar serta penglihatan yang bagus untuk memberikan umpan dikatakan menjadi alasan dirinya layak mengisi posisi yang kemungkinan ditinggalkan Coutinho.

Selama dua tahun membela klub berjuluk Die Bullen, pemain berusia 25 tahun itu telah ikut bertanding dalam 80 laga pertandingan, serta menyumbangkan 16 gol dan 33 assists. Selain itu, ia pun turut membantu klubnya menduduki posisi kedua pada klasemen akhir Bundesliga 2 Jerman 2015/16 sehingga dipromosikan ke Bundesliga Jerman (kasta tertinggi) pada musim 2016/17.

Saat itu, Leipzig pun langsung mampu menempati peringkat kedua, membuntuti Bayern Munchen yang menjadi juara Bundesliga Jerman 2016/17.


2. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez, gelandang serang Leicester City.

Pada bursa transfer musim panas ini, Riyad Mahrez dikabarkan menjadi pemain incaran Arsenal, AS Roma, dan juga Tottenham Hotspur. Kemampuan apik yang diperlihatkannya pada musim kemarin membuat dirinya menjadi incaran banyak klub besar.

Oleh sebab itu, Mahrez pun juga bisa masuk dalam daftar pemain yang dapat menggantikan posisi Coutinho jika benar-benar hengkang ke Spanyol.

Meskipun usianya lebih tua setahun dari Coutinho, yaitu 26 tahun, ia masih berada dalam usia emas untuk terus mengembangkan kariernya di dunia persepakbolaan.

Terlebih lagi kemampuan magis pada kaki kirinya yang mampu menghancurkan pertahanan lawan, ditambah dengan kemampuan menggiring bola yang apik, tentunya sepadan untuk menggunakan nomor punggung 10 yang sejatinya dikenakan oleh Coutinho.

Sejak didatangkan dari AC Le Havre pada 2014 lalu, pria Algeria ini telah melakoni 138 laga pertandingan. Totalnya, ia pun telah mencatatkan 35 gol serta 25 assists. Bersama Leicester City, dirinya juga telah menyumbangkan gelar Liga Primer Inggris musim 2015/16 serta Piala EFL pada musim 2013/14.


3. Christian Pulisic

Christian Pulisic.

Pemain muda Christian Pulisic juga bisa menjadi sosok yang menggantikan Philippe Coutinho di Anfield Stadium. Usianya yang baru 18 tahun menjadi satu kelebihan yang bisa didapatkan oleh pelatih Jurgen Klopp.

Sebab, di usianya yang masih muda, kemampuan fisiknya masih terbilang kuat. Ia pun masih mempunyai perjalanan yang cukup panjang untuk mengembangkan kariernya di dunia persepakbolaan.

Meskipun masih berusia 18 tahun, dirinya sudah menjadi salah satu pemain bintang milik Borussia Dortmund. Bermain di posisi gelandang serang ataupun pemain sayap layaknya Coutinho, performa apiknya di musim lalu membuatnya menjadi incaran banyak klub besar asal Liga Primer Inggris.

Dirinya yang baru menjalani satu tahun perdananya berkarier menjadi seorang pesepakbola profesional bersama Dortmund, mampu menunjukkan kemampuan mengolah dan menggiring bola dengan baik. Ditambah dengan kemampuan yang cukup baik pada kaki kirinya, yang dikatakan sebagai kelemahan pada dirinya, tentu menjadi nilai tambah untuk Pulisic sendiri.

Bersama klub berjuluk Die Borussen tersebut, Pulisic telah diikutsertakan dalam 55 pertandingan dan menorehkan catatan 7 gol serta 13 assists. Ia pun turut memberikan gelar DFB Pokal pada musim 2016/17.


4. Mario Gotze

Pemain Borussia Dortmund, Mario Gotze.

Pemain Borussia Dortmund lainnya yang juga bisa menggantikan posisi Coutinho ialah Mario Gotze. Namanya dikenal banyak masyarakat luas kala dirinya mampu membawa Timnas Jerman memperoleh trofi Piala Dunia 2014 lalu.

Saat itu, satu-satunya gol milik Gotze mampu membawa Timnas Jerman menang dengan skor 1-0 atas Timnas Argentina. Kemampuan apiknya kala itu pun mendapatkan perhatian penuh dari banyak orang, tidak terkecuali sang pelatih Timnas Jerman, Joachim Low.

"Tunjukkan pada dunia bahwa kamu lebih baik daripada Messi dan bisa menentukan Piala Dunia," ucap Low kepada Gotze setelah memenangkan laga final Piala Dunia 2014.

Namun sayangnya, setelah kemenangan besar yang diberikan untuk negaranya, kariernya seakan meredup. Cedera yang dideritanya pada musim lalu membuat pria berusia 25 tahun itu menderita dan hampir saja mengakhiri kariernya di dunia si kulit bundar.

Namun kini, Gotze yang telah sembuh total dari cedera itu pun dirasa akan kembali menunjukkan performa apik yang dimilikinya. Sebelum usianya menginjak kepala tiga, yang mana masih ada waktu lima tahun lagi, tentunya akan dimanfaatkan dengan baik untuk kembali menjadi pemain bintang.

Ditambah lagi dengan catatan di musim lalu bahwa Gotze sendiri pernah merasakan tangan dingin Jurgen Klopp saat menjadi arsitek Dortmund, akan memberikan nilai tambah. Hal itu membuat dirinya tidak akan kesulitan kala kembali menjadi anak asuh Klopp.


5. Isco

Gelandang Real Madrid, Isco.

Mempunyai gaya bermain dan kemampuan teknis yang sama dengan Coutinho, pemain Real Madrid, yaitu Isco pun juga bisa menjadi sosok pengganti yang ideal dalam skuat The Reds. Saat ini, Isco yang menyisakan masa kontrak satu tahun bersama Madrid dikabarkan belum melakukan perpanjangan kontrak di Santiago Bernabeu.

Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh klub Liverpool untuk mengajukan penawaran proposal untuk diri Isco. Bahkan, mantan striker The Reds, Dean Saunders pun pernah menyarankan kepada manajemen klub untuk mendapatkan tanda tangan Isco pada jendela transfer musim panas ini.

"Untuk saya, kamu bisa mendapatkan tanda tangan Isco untuk 30 juta pounds (Rp523 miliar). Dia tidak akan mendapatkan permainan untuk Real Madrid," ucap Saunders kepada talkSPORT, dikutip dari Sportskeeda (30/07/17).

Melihat jumlah nominal itu, tentunya bukan hal yang sulit bagi Liverpool untuk memboyong sang pemain. Pasalnya, Coutinho sendiri disematkan dengan harga yang besar, yakni 134 juta pounds.

Selama empat tahun membela Los Blancos, pria berusia 25 tahun itu telah menyumbangkan 33 gol dan 45 assists dari 191 pertandingan yang dilakoni. Berbagai gelar pun diraihnya, yaitu tiga gelar Liga Champions, dua gelar Piala Dunia Antarklub dan Piala Super UEFA, serta masing-masing satu gelar La Liga Spanyol dan Copa del Rey.

LiverpoolMario GotzePhilippe CoutinhoIscoRiyad MahrezBola InternasionalEmil ForsbergChristian Pulisic

Berita Terkini