x

5 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Rabu, 25 Oktober 2017 12:01 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo
Liga Primer Inggris

Liga Primer Inggris menjadi salah satu liga sepakbola yang terbukti mampu menghasilkan bibit-bibit pemain yang berkualitas kelak di masa depan.

Sejumlah pemain muda yang ada dalam klub-klub di laga tersebut bahkan tumbuh gemilang dalam setiap laga yang dilalui seiring berkembangnya pula klub tersebut.

Baca Juga

Gol kemenangan dari seorang pemain berusia 18 tahun, Eddie Nketiah sukses mengantarkan Arsenal meriah 3 poin saat melawan Norwich City dinihari tadi. Tak hanya Nketiah,  ada beberapa pemain yang kini bintang lapangan, dulunya tercatat sebagai pencetak gol termuda karena mereka baru menginjak usia remaja.

Berikut INDOSPORT merangkum catatan lima pemain termuda yang pernah mencetak gol di klub-klub besar Liga Primer Inggris.


1. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas tengah mengeksekusi bola saat di Arsenal.

Cesc Fabregas tercatat untuk pertama kalinya mencetak angka bagi Arsenal ketika dirinya menginjak usia 17 tahun dan 114 hari. 

Dalam laga yang ia lalui dulu, banyak dari pendukung Arsenal yang bahkan membandingkannya dengan legenda sepakbola Inggris, Roy Keane.

Roy Keane sendiri kala itu masih membela Manchester United, sedangkan Fabregas masih berada di bawah asuhan Arsene Wenger, sebelum memutuskan hengkang ke rival timnya, Chelsea. 

Gol perdana yang pernah disumbangkan oleh Fabregas di usia belianya itu adalah saat berlaga melawan Blackburn 2004 lalu. 


2. Michael Owen

Michael Owen (merah) saat masih bersama Liverpool.

Liverpool pernah mencatat pemain yang mampu mencetak gol di usianya yang masih begitu muda, yaitu 17 tahun dan 144 hari.

Ia adalah legenda sepakbola, Michael Owen yang mencetak gol untuk pertama kalinya kala skuatnya melawan Wimbledon pada Mei 1997 silam. 

Owen sendiri tercatat sebagai pemain termuda yang mampu menyumbangkan 100 gol selama karirnya sebagai pemain penyerang di Liga Primer Inggris.

Pemain yang kini berusia 37 tahun itu sendiri juga sempat memecahkan rekor sebagai peraih Balon d'Or termuda.


3. Wayne Rooney

Wayne Rooney.

Ketika masih menjadi remaja berusia 16 tahun 360 hari, seorang Wayne Rooney tercatat sebagai salah satu pemain bintang Everton. 

Momen gol pertama yang ditorehkan Rooney dalam usia yang begitu muda adalah ketika Everton mesti menghadapi Arsenal pada 2002 lalu. 

Sebelum menginjak usia 17 tahun itu, gol Rooney yang ia persembahkan untuk Everton berhasil mematahkan rekor 30 laga tak terkalahkan yang telah dijaga oleh Arsenal. 

Kini Rooney kembali ke pangkuan Everton setelah sebelumnya tumbuh menjadi bintang lapangan bersama Manchester United.


4. Andy Turner

Andy Turner.

Pemain yang kala itu baru menginjak usia 17 tahun 166 hari berhasil menjadi bintang termuda di hati Tottenham.

Pasalnya, Turner berhasil menjadi pemain belia yang mampu membawa kemenangan bagi Tottenham kala menaklukan Everton. 

Gol yang ia sumbangkan dalam laga melawan Everton tersebut menjadi yang pertama kalinya bagi Turner, tepatnya September 1992.

Turner memutuskan untuk pensiun dan memilih menjadi asisten pelatih di Coalville Town pada Januari 2014 lalu, sebelum akhirnya menjadi pelatih dari Alsager Town.


5. James Milner

James Milner.

Tahun 2002, Milner menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga Primer Inggris ketika dirinya masih membela Leeds United dalam debutnya sebagai pemain senior.

Milner mencetak gol pertamanya ketika ia bermain untuk Leeds United melawan Sunderland. Rekor sebagai pencetak gol termuda bertahan hingga beberapa tahun selanjutnya. 

Kala membawa kemenangan untuk Leeds, Milner baru menginjak usia yang terbilang sangat muda, yaitu 16 tahun 356 hari. 

Pemain kelahiran 1986 itu kini masih melanjutka karirnya sebagai pesepakbola dan membela Liverpool usai kepindahannya dari Manchester City pada 2015 lalu. 

LiverpoolArsenalCesc FabregasJames MilnerWayne RooneyEvertonMichael OwenLiga Primer InggrisLeeds United

Berita Terkini