x

Deretan Pemain Indonesia yang Main di Selangor, Evan Dimas Berikutnya?

Rabu, 15 November 2017 09:14 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Rizky Pratama Putra

Tak bisa dipungkiri, Indonesia menyimpan bakat-bakat sepakbola yang patut diancungi jempol. Buktinya, banyak klub dari luar negeri bahkan sampai ke Eropa melirik pemain-pemain asal Indonesia.

Selangor FA, klub asal Malaysia yang berjuluk Raksasa Merah itu pernah dibela empat pemain asal Indonesia. Baru-baru ini juga terdengar kabar Evan Dimas yang telah menandatangani kotrak dengan Selangor.

Baca Juga

Kabar Evan Dimas yang akan bela Selangor musim depan sudah dipastikan oleh manajer Bhayangkara FC, AKPB Sumardji.

"Iya, dia (Evan Dimas) akan bergabung ke Liga Malaysia dengan memperkuat dan bermain untuk Selangor FA," kata Sumardji saat ditemui di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/11/17).

Bersamaan dengan itu, total akan ada 5 penggawa Indonesia yang pernah membela Selangor. Berikut INDOSPORT merangkum nama-nama pemain yang pernah dikontrak Selangor.


1. Ristomoyo Kassim

Ristomoyo (kiri) pemain pertama asal Indonesia yang bela Selangor.

Ristomoyo adalah pemain pertama asal Indonesia yang bermain di Selangor. Ia merupakan salah satu pemain didikan Sinyo Aliandoe di Timnas Indonesia Kualifikasi Piala Dunia 1986.

Bakatnya ditemukan di klub Galatama asal Bali, Caprina. Pemain yang beroperasi sebagai bek kiri tersebut, masuk skuat Tim Merah-Putih meski klubnya diduga terlibat kasus pengaturan skor.

Kemampuannya memikat petinggi klub asal Negeri Jiran, Selangor FA. Seusai tampil membela Tim Merah-Putih di ajang Kualifikasi Piala Dunia 1986, ia diboyong ke Malaysia.


2. Elie Aiyboy

Legenda Timnas Indonesia, Elie Aiboy.

Sama seperti Bambang Pamungkas, Elie membela Selangor pada musim 2005-2007. Elie Aiboy menjadi pujaan fans Selangor FA saat itu.

Banyak di antaranya adalah TKI yang ikut memangkas rindu dengan menontonnya berlaga. Seiring kesuksesan klub meraih treble gelar musim 2005.

Sayang, di musim selanjutnya gelandang sayap kanan asal Papua lebih banyak berkutat dengan cedera yang membuatnya jarang tampil sebagai starter di Selangor, sebelum akhirnya musim 2007 kembali ke Tanah Air.


3. Bambang Pamungkas

Bepe saat bela Selangor FA 2005-2007.

Bambang Pamungkas berhasil menjadi skuat Piala AFF 2004 karena posisinya sebagai pemain inti di klub Persija tergerus bomber asing, Emmanuel de Porras. Striker bernomor punggung 20 itu kemudian bermain di Malaysia musim 2005-2007.

Ia direkrut Selangor FA di pengujung musim 2014 bersama sahabatnya Elie Aiboy yang juga berkiprah di Macan Kemayoran. Di musim perdana bersama Tim Merah-Kuning, duo Bepe-Elie langsung bikin heboh.

Mereka sukses menyabet hat-trick trofi: Liga Primer (kompetisi kasta kedua), Piala FA, dan Piala Malaysia musim 2015. 

Bepe yang pada awal karier profesionalnya sempat berkiprah di klub Divisi III Belanda, EHC Norad juga sukses menjadi top scorer kompetisi dengan torehan 24 gol. Sayang saat Selangor promosi di Malaysia Super League pada musim berikutnya, penampilan Bepe merosot drastis. Bambang Pamungkas kehilangan ketajaman. 


4. Andik Vermansah

Andik Vermansah.

Andik Vermansyah merapat ke Selangor pada tahun 2014. Penyerang sayang kanan kelahiran Jember, 23 November 1991 lebih nyaman main di Malaysia daripada di Jepang karna bisa dekat dengan keluarga.

Dalam menggaet Andik, selangor rupanya punya tujuan lain. Selangor ingin menggaet fans asal Indonesia dengan mendatangkan pemain yang dijuluki Messi Indonesia tersebut. Selangor kabarnya membayar Andik Rp1,6 miliar.

Awal musim Andik tampil  tak prima, bahkan ia hanya tersedia di bangku cadangan. Baru pada musim ini ia dijadikan starting. Di Selangor FA musim ini pemain binaan Persebaya Surabaya itu mencetak rekor gol tercepat kedua di Malaysia. Andik menjebol gawang Johor Darul Ta'zim FC hanya 12 detik setelah kick-off pertandingan atau lebih lambat enam detik dibanding gol Ahmad Fakri Saarani.


5. Evan Dimas

Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan berbicara dengah Evan Dimas usai laga. Herry Ibrahim/INDOSPORT

Evan Dimas baru saja mengantarkan Bhayangkara FC sebagai juara. Walaupun Bhayangkara adalah tim yang baru muncul di tanah air, Evan tak pilih kasih dalam menunjukkan aksinya.

Ia dipastikan telah menekan kontrak dengan Selangor. Meski Evan belum memberikan pernyataan langsung, namun manajer Bhayangkara FC telah membenarkan hal itu.

"Iya, dia (Evan Dimas) akan bergabung ke Liga Malaysia dengan memperkuat dan bermain untuk Selangor FA," kata Sumardji saat ditemui di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/11/17).

Bambang PamungkasEvan DimasSelangor FAAndik VermansahTimnas IndonesiaLiga IndonesiaElie Aiboy

Berita Terkini