x

3 Keuntungan yang Didapat Persib Jika Merekrut Nilmaizar

Selasa, 21 November 2017 06:29 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Gaya khas Nil Maizar saat memberikan arahan dengan pose unik, dibalut gaya stylish dalam busananya.

Masuknya nama Nilmaizar sebagai salah satu kandidat pelatih Persib Bandung musim depan memicu sejumlah hitung-hitungan. Apakah Nilmaizar bakal cocok bagi Persib? Bisakah dia membawa Persib kembali ke jajaran elit setelah terpuruk di Liga 1 2017?

Sebagai pelatih yang cukup berpengalaman, Nilmaizar tentu tidak akan kesulitan beradaptasi dengan kultur sepakbola yang ada di Persib. Terlebih, dia pun sudah sering mendampingi timnya saat bertemu Maung Bandung dalam beberapa musim terakhir.

Pelatih kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat 47 tahun yang ini juga pernah menukangi Timnas Indonesia periode 2012-2013. Sementara di tataran klub, selain Semen Padang, Nilmaizar juga pernah menukangi Putra Samarind pada 2014.

Akankah Nilmaizar bisa memberi dampak positif bagi Persib? Setidaknya, Nilmaizar akan memberi sejumlah keuntungan bagi Maung Bandung jika jadi merekrutnya.

Seperti apa saja keuntungan yang bisa didapat Persib jika merekrut Nilmaizar? Berikut INDOSPORT pilihkan 3 di antaranya:

Baca Juga

1. Paham Gaya Bermain Persib

Nil Maizar

Dalam dua pertemuan antara Semen Padang kontra Persib Bandung di Liga 1 2017, hasil yang diraih selalu sama: imbang. Tim Kabau Sirah bermain 0-0 di Stadion Haji Agus Salim, Padang. Pada paruh kedua, bahkan Semen Padang nyaris mengalahkan Persib meski hasil akhirnya adalah 2-2.

Hasil yang didapat saat menghadapi Semen Padang dalam dua pertemuan tersebut menunjukkan jika Nilmaizar cukup paham dengan gaya dan pola permainan khas Persib. Sehingga dia akan tahu apa yang harus dibenahi dari skuat Persib di musim depan.

Dia akan tahu pemain seperti apa yang dibutuhkan Persib untuk musim depan. Sehingga manajemen pun bisa terbantu dalam melakukan seleksi para pemain yang ada saat ini, maupun ketika mencari tambahan skuat yang memang sesuai dengan kebutuhan tim.

Baca Juga

2. Mudah Akrab dengan Pemain

Pelatih (Semen Padang) Nil Maizar

Nilmaizar dikenal sosok pelatih yang mampu dekat dan akrab dengan pemain. Dia mampu memahami psikologis para pemain dengan cukup baik. Kondisi ini akan membantunya dalam menentukan daftar skuat yang akan diturunkan dalam sebuah pertandingan.

Pasalnya, untuk menghadapi sebuah pertandingan tak hanya kondisi fisik saja yang harus siap tempur. Kondisi mental dan psikologis pemain juga punya peran yang tak kalah besar dalam penampilan pemain di atas lapangan.

Dengan gaya pendekatan yang khas, Nilmaizar akan mudah diterima skuat Persib. Ujungnya, para pemain pun bisa mengeluarkan kemampuan yang dimiliki demi memberi kesuksesan bagi Maung Bandung.

Baca Juga

3. Kantongi Lisensi Pelatih A AFC

Nilmaizar saat memimpin latihan Semen Padang.

Soal lisensi pelatih ini menjadi salah satu masalah pelik yang dihadapi Persib Bandung sejak menjuarai Liga Super Indonesia 2014. Pelatih kala itu, Djajang Nurjaman, baru mengantongi lisensi pelatih B AFC. Lisensi ini tidak cukup untuk mendampingi Persib saat tampil di level Asia.

Nilmaizar adalah salah satu pelatih lokal yang sudah mengantongi level A AFC. Bahkan, Nilmaizar sudah mendapatkan lisensi A AFC ini sejak lebih dari lima tahun yang silam.

Artinya, jika kelak Persib mendapat jatah tampil di kompetisi Asia, Persib tak perlu kebingungan mencari pelatih sementara yang minimal memiliki lisensi A AFC.

Baca Juga
Persib BandungSemen PadangNilmaizarLiga Indonesia

Berita Terkini