x

Pernah Dilatih Luis Milla, Ini Fakta-Fakta Seputar David De Gea

Minggu, 3 Desember 2017 14:09 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
De Gea menggagalkan peluang Alexis Sanchez.

David De Gea berhasil mencuri perhatian dengan aksinya yang menawan, kala mengamankan gawang Manchester United dari gempuran para penggawa Arsenal di pekan ke-15 Liga Primer Inggris, Minggu (03/12/17) dini hari tadi. Aksi De Gea ini membantu MU membuat publik Emirates Stadium terdiam. Sebab, mereka berhasil menaklukkan Arsenal dengan skor 3-1.

Dalam pertandingan tersebut, David De Gea menjadi Man of The Match pertandingan. Ia melakukan 14 kali penyelamatan, dari 15 tendangan on target yang dilakukan oleh Arsenal. Berkat performa gemilangnya pada laga yang berlangsung dini hari tadi, banyak netizen yang memberikan reaksi pujian. Ia bahkan sampai masuk trending topic dunia di Twitter. 

Baca Juga

Hal tersebut membuat kiper berusia 27 tahun itu menjadi salah satu kiper yang melakukan banyak penyelamatan di Liga Primer Inggris dalam satu pertandingan. Mantan kiper Atletico Madrid ini bergabung dengan Tim Kril dan Vito Mannone, yang juga pernah mencatatkan hal yang serupa.

Berikut Deretan Aksi Penyelamatan Krusial De Gea vs Arsenal

Untuk itulah, bagi yang belum begitu mengenal sosok De Gea, berikut INDOSPORT akan rangkum sejumlah fakta-fakta penting yang perlu diketahui tentang pria Spanyol berusia 27 tahun tersebut. Mungkin di antara fakta-fakta berikut ada yang Netizen belum ketahui. 


1. Mengawali Karier sebagai Striker

Aksi teatrikal David De Gea saat melawan Real Madrid, 2013 silam.

David De Gea mulai bermain sepakbola di usia 10 tahun. Ia mengawali karier sepakbolanya di Akademi La Escuela De Futbol Atletico Casarrubuelos. Menariknya, David De Gea sempat menjadi striker sampai usianya 14 tahun di Akademi ini. Bahkan, David De Gea pernah menjadi top skorer bagi klub juniornya saat dirinya menjadi striker.

Baca Juga

2. Pernah Diasuh Luis Milla

David De Gea dan Alcantara di Euro U-21 2011.

De Gea merupakan kiper Timnas Spanyol U-21 yang berhasil menjuarai Piala Eropa U-21. De Gea yang ketika itu masih membela Atletico Madrid, mendapatkan kepercayaan penuh dari Luis Milla, pelatih Timnas Indonesia saat ini. Sang penjaga gawang selalu tampil sebagai starter dalam lima pertandingan dengan rekor tiga kali clean sheet dan cuma mengalami dua kemasukan.


3. Laga Debut

David De Gea saat masih membela Atletico Madrid.

De Gea melakoni debutnya di Atletico Madrid saat menghadapi Porto di tahun 2009 ketika masih berusia dangat belia, 18 tahun. Ia masuk menggantikan kiper utama Los Rojiblancos kala itu, Roberto, yang tengah mengalami cedera.

"Saya sulit tidur malam itu karena pertandingan tersebut sangat emosional bagi saya," ucapnya ketika itu usai pertandingan. 

Sementara untuk Timnas Senior Spanyol, David De Gea melakukan debutnya pada 2014. Ia terpilih menjadi bagian dari skuat Spanyol untuk Piala Dunia di tahun itu juga.

Baca Juga
Atletico MadridManchester UnitedDavid de GeaLiga Primer InggrisLuis MillaLiga Inggris

Berita Terkini