x

Festive Period Bagi 6 Besar Liga Primer Inggris, Siapa yang Terkuat?

Senin, 11 Desember 2017 15:23 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Arsenal, Chelsea, Liverpool, Man City, Man United, dan Tottenham Hotspur merupakan enam klub besar di Liga Primer Inggris.

Pekan ke-16 Liga Primer Inggris musim 2017/18 menjadi gong dimulainya festive period alias jadwal superpadat bagi seluruh tim peserta. Dalam tiga pekan ke depan ada enam laga yang harus dilakoni 18 tim Liga Primer Inggris. Tak hanya bermain di Boxid Day (26 Desember), beberapa tim pun harus berjibaku di malam Tahun Baru.

Saat liga-liga Eropa lainnya melakoni jeda kompetisi untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, para pemain di Liga Primer justru harus berjibaku dalam jadwal yang melelahkan. Hingga awal Januari nanti, mereka harus bertanding dua kali dalam sepekan.

Kondisi ini jelas akan menjadi masa krusial bagi 6 tim teratas Liga Primer musim ini. Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, dan Tottenham Hotspur harus mewaspadai padatnya jadwal yang dihadapi jika tidak ingin posisi mereka digeser para rival.

Festive period bisa menjadi kesempatan untuk menambah poin saat rival-rival mereka tersandung. Atau sebaliknya, hanya bisa meringis saat rival mereka tertawa gembira menyambut kemenangan yang diraih.

Laga-laga di pekan ke-16 sudah menjadi sinyal bagi sebagian besar anggota Big Six Liga Primer Inggris. Hanya Man City dan Tottenham yang mampu meraih kemenangan. Man United ditaklukkan City, Chelsea dikalahkan West Ham, sementara Liverpool dan Arsenal hanya bisa bermain imbang.

Akankah City dan Tottenham mempertahankan performa mereka selama festive period musim ini? INDOSPORT mencoba melihat peluang yang bisa didapat enam tim elite tersebut berdasarkan lawan-lawan yang akan dihadapi. Berikut kemungkinan hasil yang diraih Big Six selama festive period.

Baca Juga

1. Tottenham Hotspur

Selebrasi pada pemain Tottenham Hotspur.

Performa Tottenham Hotspur saat melakoni festive period musim lalu memang termasuk gemilang. The Spurs sukses meraih tujuh kemenangan beruntun sejak 14 Desember 2016 hingga 14 Januari 2017.

Tapi, untuk musim ini tampaknya kondisi yang dihadapi akan berbeda. The Spurs saat ini berada di posisi paling bontot di antara Big Six. Selain itu, hasil yang diraih di laga kandang sepanjang musim ini pun kurang begitu memuaskan.

Dua laga tandang beruntun melawan Man City dan Burnley bakal menjadi dua laga terberat sepanjang bulan ini. Terlebih, pelatih Mauricio Pochettino tidak bisa menurunkan Toby Alderweireld yang cedera dan Davinson Sanchez yang terkena larangan tiga pertandingan. 

Jadwal dan Prediksi Hasil Tottenham

13 Desember 2017: Brighton (H) - Menang
16 Desember 2017: Manchester City (A) - Kalah
23 Desember 2017: Burnley (A) - Imbang
26 Desember 2017: Southampton (H) - Imbang
2 Januari 2018: Swansea (A) - Menang
4 Januari 2018: West Ham (H) - Menang


2. Arsenal

Alexis Sanchez merayakan golnya bersama pemain Arsenal.

Boleh jadi Arsenal adalah tim yang relatif paling siap untuk menghadapi festive period akhir tahun ini. Nyaris seluruh skuat yang dimiliki The Gunners bisa diturunkan dan berada dalam kondisi fit.

Kebijakan manajer Arsene Wenger dalam melakukan rotasi pemain di ajang Liga Europa berdampak positif terhadap kebugaran para pemain The Gunners di Liga Primer. Karena Wenger cukup sadar jika pertandingan di bulan ini menjadi kesempatan untuk mendongkrak posisi mereka di klasemen sementara.

Apalagi The Gunners bakal menghadapi Liverpool dan Chelsea di kandang sendiri pada bulan ini. Inilah kesempatan terbaik, meski tidak mudah, bagi Arsenal untuk menjaga perolehan poin dan jarak mereka dengan para rival.

Jadwal dan Prediksi Hasil Arsenal

13 Desember 2017: West Ham (A) - Menang
16 Desember 2017: Newcastle (H) - Menang
22 Desember 2017: Liverpool (H) - Imbang
28 Desember 2017: Crystal Palace (A) - Menang
31 Desember 2017: West Brom (A) - Menang
3 Januari 2018: Chelsea (H) - Imbang


3. Liverpool

Aksi selebrasi para pemain Liverpool.

Selain harus bertandang ke Emirates Stadium guna menghadapi Arsenal dalam festive period musim ini, Liverpool juga punya tantangan tersendiri di kandang Burnley.

Tim medioker ini menjadi batu sandungan bagi The Reds dalam dua musim terakhir. Musim lalu, skuat besutan Jurgen Klopp ini bahkan takluk 0-2 di kandang Burnley. Musim ini, kembali Burnley menjadi lawan yang menyulitkan Liverpool. Bermain di Stadion Anfield, The Reds hanya bermain imbang 1-1.

Namun demikian, minimnya daftar pemain yang cedera membuka peluang bagi Klopp untuk membawa pasukannya tampil lebih garang. Setidaknya, jadwal yang padat ini membuka kesempatan bagi Alex Oxlade-Chamberlain dan Andrew Robertson untuk menunjukkan kemampuan mereka yang sebenarnya.

Jadwal dan Prediksi Hasil Liverpool

13 Desember 2017: West Brom (H) - Menang
17 Desember 2017: Bournemouth (A) - Imbang
22 Desember 2017: Arsenal (A) - Menang
26 Desember 2017: Swansea City (H) - Menang
30 Desember 2017: Leicester City (H) - Menang
1 Januari 2018: Burnley (A) - Kalah


4. Chelsea

Selebrasi para pemain Chelsea.

Manajer Chelsea, Antonio Conte, telah mengaku kalah dan menyerah dalam perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Selisih yang jauh dengan Manchester City menjadi alasan utamanya.

Namun, dalam festive period ini Conte tetap optimistis bisa meraih banyak poin dalam 6 laga yang akan dilakoni. Apalagi, mereka hanya akan bertemu Arsenal sebagai rival di Big Six pada 3 Januari mendatang.

Meski mungkin gagal meraih poin di Emirates Stadium, The Blues masih bisa berpeluang memaksimalkan perolehan poin mereka di 5 laga sebelumnya. Tiga laga kandang yang akan dijalani hanya mempertemukan mereka dengan tim-tim yang di atas kertas bisa ditaklukkan.

Jadwal dan Prediksi Hasil Chelsea

12 Desember 2017: Huddersfield (A) - Menang
16 Desember 2017: Southampton (H) - Menang
23 Desember 2017: Everton (A) - Imbang
26 Desember 2017: Brighton (H) - Menang
30 Desember 2017: Stoke (H) - Menang
3 Januari 2018: Arsenal (A) - Kalah


5. Manchester United

Selebrasi para pemain Manchester United.

Setelah kalah dari Manchester City, Manchester United hanya akan meladeni tim-tim yang relatif di bawah mereka dalam segi kualitas para pemain. Baik ketika bermain di Old Trafford maupun ketika bertamu ke kandang lawan.

Satu-satunya lawan terberat yang bakal dihadapi Setan Merah hanyalah Everton. Namun, itupun karena keberadaan Wayne Rooney yang pasti punya semangat berlebih saat tampil di stadion yang pernah membesarkan namanya itu.

Namun demikian, hasil buruk saat menjamu City di Old Trafford akan dibalas dengan kemenangan demi kemenangan yang diraih di 6 laga berikutnya. Termasuk ketika meladeni tantangan Everton di Theater of Dreams tepat di hari pertama tahun 2018.

Jadwal dan Prediksi Hasil Man United

13 Desember 2017: Bournemouth (H) - Menang
17 Desember 2017: West Brom (A) - Menang
23 Desember 2017: Leicester (A) - Menang
26 Desember 2017: Burnley (H) - Menang
30 Desember 2017: Southampton (H) - Menang
1 Januari 2018: Everton (A) - Menang


6. Manchester City

Pemain Manchester City melakukan selebrasi.

Kemenangan atas Man United di Old Trafford pada pekan ke-16 seperti bukti sahih jika Manchester City lah yang berpeluang besar meraih titel juara Liga Primer Inggris musim ini. Selisih mereka dengan United di peringkat kedua pun bertambah menjadi 11 poin.

Selain United, City juga bakal menghadapi tim sesama Big Six, Tottenham Hotspur di Etihad Stadium. Namun, laga ini tampaknya akan kembali dimiliki The Citizens. Mengingat performa The Spurs di LIga Primer musim ini belum cukup konsisten.

Selain Spurs, lawan-lawan yang akan dihadapi Sergio Aguero dkk berada di level yang berbeda. Kecuali City didera hujan cedera, tak ada yang bisa menghentikan langkah City untuk meraih total 21 poin dari tujuh laga, termasuk kontra Setan Merah, dalam festive period musim ini.

Jadwal dan Prediksi Hasil Man City

13 Desember 2017: Swansea (A) - Menang
16 Desember 2017: Tottenham (H) - Menang
23 Desember 2017: Bournemouth (H) - Menang
27 Desember 2017: Newcastle (A) - Menang
31 Desember 2017: Crystal Palace (A) - Menang
2 Januari 2018: Watford (H) - Menang

Manchester UnitedLiverpoolChelseaManchester CityTottenham HotspurLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini