x

3 Alasan Burnley Bisa Ikuti Jejak Leicester City di Liga Inggris

Rabu, 13 Desember 2017 16:55 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Logo, Liga Primer Inggris, Leicester City, dan Burnley.

Kejutan datang dari Burnley yang sukses masuk ke zona Liga Champions pada pekan ke-17 ini. Tim berjuluk The Clarets tersebut berhasil mencicipi posisi keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris setelah meraih kemenangan tipis atas Stoke City, 1-0.

Burnley mampu mencetak gol tunggal untuk meraih kemenangan berkat gol Ashley Barnes di penghujung babak kedua. Hasil ini membuat The Clarets berhasil mengungguli Tottenham Hotspur, Liverpool dan Arsenal.

Tapi posisinya saat ini merupakan posisi yang sementara, pasalnya Kamis (14/12/17) dini hari nanti, klub-klub besar kembali memainkan pekan ke-17 mereka. Sedangkan Chelsea yang berada tepat di atas Burnley, berhasil mengamankan tiga poin kontra Huddersfield Town di The John Smith’s Stadium.

Baca Juga

Namun, meski posisi Burnley saat ini masih bisa tersalip lagi, atau bahkan tertinggal, mereka pantas mendapatkan pujian dari banyak orang. Tim yang sepanjang musim lalu, berkutat di zona degradasi, saat ini mampu bercokol di papan atas klasemen hingga pekan ke-17.

Mengacu pada pertanyaan seperti judul di atas, mampukah Burnley meniru Leicester City, yang mengejutkan Liga Inggris. Oleh karena itu, INDOSPORT berusaha merangkum sederet hal yang dapat dijadikan alasan Burnley mampu mengejutkan musim ini.


1. Hingga Pekan ke-17, Statistik Burnley Luar Biasa

Klasemen sementara Liga Primer Inggris per 13 Desember 2017.

Untuk tim yang bertengger di empat besar klasemen sementara Liga Inggris di pekan ke-17, tidak mengherankan jika statistik yang dimiliki tim tersebut cukup bagus. Begitu juga yang terjadi pada Burnley saat ini.

Sudah memainkan 17 laga sejauh musim ini, Burnley sudah mencatat sebanyak 9 kemenangan, 4 kali kalah dan 4 kali kalah. The Clarets juga tidak buruk dalam urusan gol, dengan mencetak 16 gol dan kebobolan sebanyak 12 gol sejauh ini.

Dalam 9 kemenangan yang sudah diraih Burnley sejauh ini, mereka juga konsisten memenangkan laga dengan hanya selisih 1 gol. Para peserta Liga Inggris yang mampu mencetak 3 gol ke gawang Burnley musim ini hanyalah Chelsea dan Manchester City


2. Tampil Maksimal di Setiap Laga Liga Inggris

Pelatih Burnley, Sean Dyche.

Anak-anak asuh Sean Dyche secara mengejutkan mampu tampil maksimal di setiap laga sejauh ini. Baik itu menghadapi tim besar atau pun tim kecil, Burnley berlaga bak tim yang sudah melegenda seperti Liverpool dan Manchester United.

Kita lihat 17 laga yang sudah mereka raih musim ini. 6 dari 17 laga yang sudah dimainkan, mereka menghadapi tim-tim besar Liga Inggris. Namun dari 6 laga menghadapi tim besar musim ini, Burnley hanya berhasil kalah dari Manchester City dan Arsenal, dengan skor masing-masing 3-0 dan 0-1.

Beda cerita jika mereka menghadapi tim-tim yang selevel dengan mereka. Artian level ini adalah tim-tim yang biasa bersaing dengan Burnley di zona degradasi di musim-musim sebelumnya. Dari 9 kemenangan yang mereka raih musim ini, 7 kemenangan diraih saat menghadapi tim-tim seperti Newcastle United, Swansea City, Bournemouth dan sebagainya


3. Jumlah Poin Saat Ini Beda Tipis Dengan Leicester City Musim 2015/16

Logo, Liga Primer Inggris, Leicester City, dan Burnley.

Burnley menempati 4 besar klasemen sementara Liga Inggris dengan raihan 31 poin dari 17 laga yang sudah dimainkan. Jumlah poin tersebut hanya terpaut tipis dari jumlah poin yang dimiliki Leicester City saat mereka mengejutkan Liga Inggris musim 2015/16.

Dengan jumlah laga yang sama, Leicester City mampu mengumpulkan 38 poin hingga laga ke-17 Liga Inggris saat itu. Hanya terpaut 7 poin dari jumlah poin yang dimiliki Burnley hingga pekan ke-17 saat ini.

Jika ingin mengikuti jejak Leicester City di musim 2015/16, Burnley harus lebih stabil setidaknya hingga bulan Maret 2018. Namun, diyakini Burnley akan cukup kesulitan, di mana mereka merupakan tim paling irit dalam bursa transfer musim panas lalu. Tentunya pesimisme tersebut dapat berubah menjadi optimisme jika Burnley mendapatkan kucuran dana pada bursa transfer musim dingin mendatang.

Manchester UnitedChelseaManchester CityBurnleyLeicester CityLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini